DPRD Padang Kecewa Tak Dilibatkan Proses Pemilihan Sekda

  • Whatsapp

PADANG, beritaLima — Sebanyak empat orang calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, menjalani rangkaian tes kompetensi melalui Computer Assisted Test (CAT) di Padang, Senin (26/9/2016). Sementara di lain pihak, DPRD Kota Padang mengaku kecewa karena sama sekali tak dilibatkan dalam proses pemilihan calon Sekda Padang itu.
“Tes ini diikuti oleh calon sekretaris daerah yang sudah lulus tes administrasi,” kata ketua sekretariat Panitia Seleksi Sekda Kota Padang, Eka Putra.
Ia menambahkan keempat calon tersebut adalah Asnel, Hermen Peri, Heryanto Rustam dan Zabendri yang ikut men­daftar dan lulus dalam seleksi tahap pertama ini. Kemudian pada Selasa (27/9/2016), akan di­lakukan tes wawancara oleh tim pansel dalam bentuk focus group discussion (FGD.
Setelah dilakukan tes ters­e­but, hasilnya akan didapatkan pada Jum’at (30/9/2016). Hasil ter­sebut akan diserahkan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Setelah itu wali kota akan berkoordinasi dengan KASN dan gubernur untuk menentukan siapa Sekda Kota Padang yang baru,” sebut dia.

Sementara, pengamat Po­litik Universitas Andalas Asri­naldi mengemukakan secara informal seharusnya sudah ada pembicaraan terkait siapa yang akan mengisi posisi sekda tersebut. “Saya rasa nama sudah ada di tangan wako dan wawako karena mereka sudah punya nilai dari para calon tersebut,” kata dia.

Dia menegaskan seha­rus­nya pansel ini bisa meng­ha­silkan sekda yang bisa me­menuhi akan kebutuhan kota ini. “Kami berharaplah pada tim panitia seleksi yang mela­kukan tes terhadap keempat calon,” sebut dia.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Padang bidang hukum dan pemerintahan, Osman Ayub mengatakan sebaiknya lembaga legislatif diikutser­takan dalam tim pansel ter­sebut. “Kami kecewa karena tidak diikutsertakan dalam pemilihan ini,” ujarnya.

Sementara, anggota DPRD Padang dari fraksi Golkar, Helmi Moesim menyebutkan dirinya mengapresiasi langkah pemkot yang memilih sekda dari dalam kota. “Tidak adanya calon dari luar daerah ini perlu kita apresiasi karena posisi ini sangatlah vital,” tambah dia.

Ia berharap siapa saja yang akan terpilih nantinya bisa mengemban amanah yang di­serahkan. Apalagi keempat calon merupakan pamong se­nior di lingkungan Pemkot Padang.
(hln/yan/rki)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *