beritalima.com

DPW MLN MC3 Akan Dirikan Pusat Pembibitan Kepiting Bakau dan Mangrove

  • Whatsapp

MEDAN, beritalima.com- DPW MLN MC3 Provinsi Sumatera Utara, akan membangun kantor base camp dan pusat pembibitan kepiting bakau dan mangrove diatas lahan seluas 4 hektar, dan diklaim terbesar di Indonesia. 
Area yang berada di Desa Tanjung Rejo Kecamatan Sei Tuan ini, di dalam area lahan konservasi sebanyak 180 Ha. Sedangkan yang satu hektar dipersiapkan untuk base camp dan MC3 Sumatera Utara.


“Sedangkan peletakan batu pertama, sesuai rencana tanggal 5 November 2020, mendatang. Sedangkan yang 3 hektar, untuk pengembangan, pembibitan mangrove dan penangkaran kepiting bakau,” kata Edy Masdar, ketua DPW MC3 sumatra Utara.
Hadir dalam rapat pembahasan ini diantaranya ketua umum GIAN dan MLN-MC3 R.Guntur Eko widodo di dampingi oleh Sekertaris Jendral MC3 Wahidin Yahya,S.Hi.

beritalima.com


Dalam sambutannya, R Guntur Eko Widodo, memaparkan visi misi dan program lembaga MC3 dan memaparkan program nasional 3 IN ONE GIAN yang fokus kepada pemberdayaan masyarakat berbasis konservasi. Melalui gerakan masiv dengan target membuat ribuan pokja dengan membentuk DPD2 MC3 di 357 Kabupaten pemilik mangrove terbesar di dunia. 
Edy Masdar memaparkan rencana kerja provinsi dengan mengalokasikan lahan 1800 Ha Mangrove untuk budidaya kepiting bakau,  silvovicary,  wanamina tumpangsari dan holtikultura pantai berbasis konservasi,  membuat pembibitan mangrove terbesar di Indonesia dengan menyiapkan lahan 280 ha khusus untuk bibit mangrove baru.


Target sampai dengan akhir tahun 2020, DPW provinsi sumatera Utara membuat base camp/sekertariat, penginapan dan Aula serta menyiapkan lahan khusus seluas 1 ha di pintu gerbang utama Destinasi Wisata Budaya Mangrove yang akan di bangun dan menjadi satu kesatuan yang utuh dengan pusat pembibitan kepiting bakau. Secara terpisah Nina Wati selaku Pembina MC3 Provinsi Sumatra Utara sekaligus Dewan Pembina BPH DPP GIAN mengikhlaskan, mensinergikan program pembangunan rumah nelayan di belawan bahari melalui Masyarakat Paguyuban Jalinan Kasih yang di pimpinnya sebagai program merehabilitasi rumah kumuh nelayan menjadi pemukiman terpadu layak huni gratis untuk nelayan sebagai wujud nyata kepedulian MC3,  GIAN dan MPJK.
Secara bertahap,  masyarakat paguyuban jalinan kasih yang telah bermitra dengan GIAN dan MC3 mwngupayakan pembangunan untuk nelayan secara gratis,  bertahap dalam upaya memberdayakan mereka agar lebih sejahtera.Wahidin Yahya,S.Hi Sekretaris Jendral membenarkan dan merespon positif rencana DPW sumatra utara dalam menjalankan programnya dan sangat sesuai dengan program 3 in 1 GIAN. Hal ini di mungkinkan karena sesuai sebagaimana tujuan lembaga ini dalam menjalankan visi dan misi organisasi.
Bekerja Bersama, Untuk Sejahtera Bersama. Sekjend Menutup Rakerwil.dengan.Orasi pendeknya setelah mengucapkan.terimakasih Atas Upaya DPW MC3 Provinsi Sumatera Utara yang Telah.mempersiapkan Segala sesuatunya untuk menjalankan.Program.Nasional.3 IN ONE GIAN, dengan mengimplementasikan budi daya berbasis konservasi. 

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait