Dukung Fungsi DPD RI Serap Aspirasi, Koster Hibahkan Aset Untuk Kantor

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Pemerintah Provinsi Bali menghibahkan aset kepada DPD RI yang akan digunakan sebagai kantor perwakilan DPD RI di provinsi tersebut. Keberadaan kantor ini akan menunjukkan potret DPD RI sebagai lembaga perwakilan yang lebih responsif dan aspiratif terhadap tuntutan pembangunan di daerah.

Gubernur Bali, I Wayan Koster mengatakan, proses hibah telah dilakukan sejak lama. Itu merupakan bentuk dukungan Pemprov Bali kepada DPD RI sebagai wakil daerah dalam memperjuangkan aspirasi. Penyerahan aset juga merupakan hasil dari perjuangan keempat Senator DPD RI dapil Bali.

“Mudah-mudahan DPD RI dapat menjalan tugasnya di Bali dalam rangka memperjuangkan aspirasi kami. Kami berharap kerjasamanya akan terjaga dengan baik terus, baik perwakilan DPD RI di Bali atau DPD RI,” kata Koster dalam sambutan di acara serah terima aset itu di Rumah Dinas Gubernur Bali, Selasa (8/6).

Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono mengatakan, keberadaan kantor perwakilan di daerah, mengokohkan eksistensi DPD RI sebagai lembaga perwakilan yang anggotanya akan selalu ada dan hadir ditengah-tengah masyarakat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan daerah yang selanjutnya diperjuangkan di tingkat pusat.

Dijelaskan, dalam membangun daerah, tidak bisa dilakukan sendiri. Tetapi diperlukan langkah-langkah kolaboratif menghadapi berbagai problem di daerah, termasuk upaya memperjuangkan kepentingan daerah dalam mewujudkan percepatan pembangunan daerah.

“Keberadaan kantor perwakilan DPD RI di kota provinsi akan memudahkan koordinasi antara pemerintah daerah, lembaga perwakilan rakyat daerah maupun masyarakat umum lainnya dengan DPD RI, sehingga akselerasi pembangunan di daerah dapat segera tercapai,” ucap dia.

Apalagi saat ini, kata Nono, banyak persoalan di daerah yang harus segera ditangani, terutama terkait pandemi Covid-19 yang didera problem global dan berdampak pada kondisi ekonomi dan kesehatan di Indonesia.

“Karena itu, peran DPD RI sebagai lembaga negara dan representasi daerah memiliki tanggung jawab untuk ikut menyelesaikan problem yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini,” jelas Nono.

Atas nama Pimpinan DPD RI, Nono mengapresiasi dan memberikan penghargaan tinggi kepada Gubernur dan Pemerintah Provinsi Bali yang mendukung tugas-tugas DPD RI dengan menghibahkan dan menyerahkan gedung dan bangunan untuk kantor DPD RI permanen di Provinsi Bali.

“Saya menyampaikan apresiasi, penghargaan, dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur dan jajaran Pemprov Bali yang telah mengagendakan acara serah terima dan menghibahkan gedung beserta bangunannya kepada DPD RI untuk dijadikan kantor DPD RI di  Provinsi Bali pada hari ini,” demikian Nono Sampono. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait