Kejati Kembalikan Aset Pemkot Rp 80 M, LaNyalla. Perkuat Pengelolaan

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperkuat pengelolaan aset yang dimiliki sehingga sehingga tidak hilang atau dikuasai pihak lain
Hal itu dikatakan LaNyalla setelah Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, mengambalikan aset Pemkot Surabaya berupa tanah di Jalan Kalisari 28 1.190 meter persegi, Jalan Kalisari 578 meter persegi, dan Jalan Sariboto 264 meter persegi yang diperkirakan Rp 80 miliar.

Aset Pemkot Surabaya tersebut sempat hilang karena belum tersertifikat dan dikuasai pihak lain secara ilegal. “Saya mengucapkan selamat kepada Pemkot Surabaya telah mendapatkan kembali aset miliknya. Aset tersebut sempat dikuasai pihak lain secara ilegal dan belum ada pencatatannya sehingga merugikan negara,” ujar LaNyalla di Surabaya, Selasa (8/6).

Sebelumnya Pemkot Surabaya juga sudah berhasil mengambil aset tanah di Jalan Kenjeran, Jalan Upa Jiwa dan aset tanah di Sidoarjo hingga aset Yayasan Kasa Pembangunan triliunan rupiah kembali kepangkuan yang mempunyai hak.

Ditambahkan, terbengkalainya aset pemerintah bahkan hingga berpindah tangan ke pihak lain, terjadi karena kurang baiknya pengelolaan. Untuk itu, LaNyalla mendukung rencana Pemkot Surabaya meningkatkan kualitas pengelolaan aset. “Rencana menjadikan bidang tanah itu untuk sentra UKM inisiasi yang baik, karena akan menambah kesejahteraan warga.”

LaNyalla mengimbau daerah lain untuk meniru Pemkot Surabaya. Apalagi, pengembalian aset bisa menekan kerugian negara. “Langkah ini bisa ditiru dan Pemkot dapat bersinergi dengan Kejati dan pihak terkait sehingga mampu mengembalikan aset agar dikelola sekaligus menetapkan pengoperasiaan pemeliharaannya.”

LaNyalla berharap aset tanah yang berhasil didapatkan kembali bisa memberikan memiliki nilai lebih serta mendatangkan manfaat bagi warga.
Banyak hal yang dapat dilakukan Pemda dalam mengelola aset untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tinggal bagaimana kesungguhan pemerintah setempat. Kelolalah aset-aset tanah tersebut dengan langkah-langkah strategis sehingga membantu meningkatkan ekonomi masyarakat,” demikian AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait