Ekspedisi Going – Kedi Sukses, Meriahkan Hut Sumpah Pemuda,

  • Whatsapp

Jailoloberitalima.com – Pengurus MPC Pemuda Pancasila Halmahera Barat dan Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Halbar, mengikuti ekspedisi dengan berjalan Kaki Going – Kedi dalam rangka memperingati hari ulang tahun Sumpah Pemuda, ke 89 tahun 2017.

Ekpedisi, Jumat (27/10/2017), dapat berjalan mulus sampai tujuan, walaupun kondisi ruas jalan banyak bukit memjulang tinggi, tidak membuat tim ekspedisi pata semangat. Mala sebaliknya, mereka sangat berantusias untuk berjalan kaki dengan jarak tempuh sepanjang 24 kilometer, dari desa Going, Kecamatan Tabaru menuju Kedi ibu kota Kecamatan Loloda.

Ekspedisi tersebut, terbagi dua rombongan, yang sebelumnya rombongan pertama sebanyak 23 orang dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI), yang dipinpin langsung Wakil ketua I DPRD Halbar Ibnu Saud Kadim dan Kordinator Komisi III DPRD Halbar Sofyan Kasim, serta sejumlah staf sekretariat dewan, star awal dimulai melakukan perjalanan pada pukul 15.00 WIT dari desa Going.

Sedangkan rombongan kedua jumlah 16 orang Pengurus MPC Pemuda Pancasila yang dipimpin langsung ketua Pemuda Pancasila Halbar Sudirman Yunus, star awal dari desa Going pada18:05 WIT.

Dengan kesepakatan Kedua rombongan ini bertemu di sungai Butu, tepat jarak tempuh 15 kilometer, kemudian membuat kema untuk beristirahat. Selanjutnya bersama – sama melanjutkan perjalanan pada pukul 06:30 WIT, dan sampai finis di Kedi ibu kota kecamatan Loloda tepat pada pukul 09.00 WIT, Sabtu (28/10/2017).

Dari hasil amatan wartawan, dalam melakukan perjalanan dengan berjalan kaki pada malam hari di dalam hutan sangat was – was. Sebab, bukan hanya laki – laki tetapi juga termasuk sejumlah peserta wanita yang ikut dalam ekspedisi tersebut. Bahkan sempat salah seorang perempuan dari rombongan kedua yakni Imelda Tude kaki kiri terkilir setelah berjalan sekitar 13 kilometer, hal serupa juga dialami Ifan staf sekretariat dewan, dan Wahyu dari PPI yang ikut dalam rombongan pertama. Tetapi tidak meruba tekad mereka tetap melanjutkan perjalanan.

Apalagi tepat di gunung batu /opan sangat tinggi, membuat rombongan sempat kewalahan tetapi berhasil dilewati, sementara Ketua PPI Halbar Abdan Mutaib, terus berupaya memberikan semangat kepada rombongan, apalagi ia juga dikenal humoris sehingga rombongan ekspedisi pun merasa terhibur.

Ketua Pemuda Pancasila Sudirman Yunus, mengatakan, kegiatan ekspedisi Going – Kedi ini adalah bentuk untuk memeriakan Hari sumpa pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 2017.

“Walaupaun dengan suasana malam, penuh tantangan di dalam perjalanan tetapi ekspedisi dapat berjalan mulus dan sukses,”ungkapnya.

Menurut dia, pada siang hari ini sebagian tim ekspedisi telah sampai di Kedi ibu kota kacamatan Loloda, dan dilanjutkan membacakan sumpah pemuda di pulau Sosota, tepat di desa Kahatota, kecamatan Loloda.

Lanjut Sudirman, Pemuda Pancasila Halbar memberikan apresiasi atas realisasi Pemda dalam memprioritaskan pembangunan  ruas jalan Going – Kedi, karena masyarakat inginkan transportasi darat lebih layak demi menunjang perekonomian masyarakat Loloda.

Selanjutnya, Sudirman berharap, Pemkab Halbar agar mempercepat pembangunan ruas jalan tersebut lebih layak lagi, sebagai akses penunjang transportasi jalur darat untuk masyarakat Ibu – Loloda,”pintanya. (ssd)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *