Direktur RSMH Palembang Sambut Hangat Peserta Gowes Sabang – Jakarta

  • Whatsapp
Direktur RSMH Palembang Dr. Mohammad Syahril Sp.P, MPH. Menyambut baik kedatangan rombongan Peserta Gowes sepeda yang akan menjajal rute Sabang - Jakarta

Palembang, beritaLima – Peserta Gowes sepeda yang akan menjajal rute Sabang-Jakarta sepanjang 3.000 kilometer singgah di kota Palembang pada minggu ( 29/ 10 ).

Salah satu titik lokasi persinggahan Gowes dalam rangka Hari Kesehatan itu adalah di RSMH (Rumah Sakit Moh. Husein) Palembang.

 

Ketua Umum Koseindo Brigjen TNI (Purn.) Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS mengatakan tour ini digelar sebagai wujud dukungan nyata komunitas sepeda dan masyarakat terhadap suksesnya program Indonesia Sehat, sekaligus turut memeriahkan HKN ( Hari Kesehatan Nasional ) ke 53 serta kampanye GERMAS ( Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).
“Kita ingin mendukung suksesnya Hari Kesehatan Nasional, sekaligus mengajak masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat serta mengajak pelbagai Instansi Pemerintah dan swasta baik di tingkat pusat maupun daerah untuk memanfaatkan kegiatan ini sebagai kampanye program Kesehatan Nasional .” kata Supriyantoro.

Selain menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional, Tour De’Sabang – Jakarta 3000K ini bertujuan mempromosikan kesadaran masyarakat dalam perilaku hidup sehat melalui olahraga sepeda yang sekaligus juga merupakan olah raga yang ramah lingkungan. Disamping itu pula, tour sepeda ini akan memperkenalkan potensi alam, budaya, adat dan istiadat mulai dari Sabang sampai Jakarta.

Menurutnya, Di setiap kota, desa yang dilalui sepanjang routenya, tim pegowes akan singgah di puskesmas, rumah sakit sebagai titik finish dan start setiap etapenya. “Serta akan menyerahkan perlengkapan promosi kesehatan dan paket bantuan untuk dukungan program kesehatan yang antara lain paket sosialisasi program GERMAS dari DITJEN KESMAS KEMENKES RI , kampanye program BKKBN serta pelbagai sosialisasi program JKN dari BPJS Kesehatan ” jelas Supriyantoro yang juga Ketua IndoHCF tersebut.

Sementara itu, Direktur RSMH Palembang Dr. Mohammad Syahril Sp.P, MPH. Menyambut baik kedatangan rombongan Peserta Gowes sepeda yang akan menjajal rute Sabang – Jakarta.

Mohammad Syahril mengucapkan Selamat datang kepada Peserta Gowes yang berasal dari TNI, Polri dan Para Medis. “Dalama rangka menyambut Indonesia sehat, Walaupun jarak tempuh cukup jauh, tapi tetap sehat dan semangat”, ucapnya.

Dengan motto “Hidup itu Seperti Mengendarai sepeda, untuk menjaga keseimbangan Anda harus bergerak”, demikian motto yang dipelopori Humas RSMH Palembang ini.

Menurutnya, Rangkaian tour de Sabang-Jakarta ini juga merupakan bagian kampanye gerakan masyarakat hidup sehat dan memasyarakatan olahraga sepeda. “Tour De Sabang-Jakarta ini memberi makna bahwa kesehatan itu amat penting bagi kehidupan masyarakat. Generasi muda yang sehat akan memberi nilai positif bagi pembangunan,” ujar Direktur RSMH Palembang Dr. Mohammad Syahril Sp.P, MPH.

Kita berdoa agar tidak ada halangan dan rintangan dihadapi para peserta Gowes selama dalam perjalanam. “Apalagi mereka harus sudah tiba di Jakarta sebagai garis finish pada 12 November mendatang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Tour sepeda dengan pesan Indonesia Sehat ini menggandeng banyak sekali pemangku kepentingan kesehatan baik di daerah dan pusat. Diantaranya adalah Kementerian Kesehatan RI, BKKBN, BPJS Kesehatan , Dinas Kesehatan TNI ( khususnya TNI AD , TNI AL) & POLRI , rumah sakit Khususnya RS TNi, RSUD, RS Vertikal maupun RS Swasta ( salah satunya dari Group Hermina) dan Pemda /Dinas Kesehatan setempat serta beberapa Kodam dan Polda . Di beberapa kota yang dilewati sebagai jalur etape akan disemarakkan dengan acara sepeda gembira /fun bike dan pengukuhan Klub Gowes KOSEINDO dibeberapa Kota di Indonesia.

Rute “IndoHCF-Koseindo Tour De’Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat” dibagi menjadi 20 etape yang dikelompokan menjadi 3 group etape. Yaitu Group etape A : Sabang – Tebing Tinggi (935,7 KM), Group etape B : Tebing Tinggi – Jambi (1.104,7 KM) dan Group etape C : Jambi – Jakarta (880,7 KM) dengan total waktu tempuh sekitar 3 – 4 minggu. Rombongan pegowes direncanakan mencapai titik finish bertepatan dengan acara puncak Hari Kesehatan Nasional ke 53 (12/11/2017) di Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta dan diharapkan akan diterima oleh Menkes RI yang sekaligus akan mengalungkan medali penghargaan kepada para pegowes serta Piala & Hadiah bagi 5 pegowes yg menempuh jarak terjauh.

Sebagai informasi, pendukung utama tour Sabang-Jakarta 3000K Indonesia Sehat ini adalah IndoHCF yang merupakan organisasi nirlaba independen dengan membawa misi sebagai bentuk kontribusi swasta dalam PPP ( Public Private Partnership) guna mendukung pelbagai program kesehatan di Indonesia. IndoHCF merupakan perwujudan corporate social responsibility dari PT IDS Medical Systems Indonesia, sebuah korporasi penyedia peralatan dan perlengkapan kesehatan terkemuka di Asia.

(Nn)

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *