Empat Varietas Jagung Yang Diujicoba BPTP Aceh Memasuki Panen Perdana

  • Whatsapp

ACEH,Beritalima.com-Empat Varietas Jagung yang ditanam di Desa Meunasah Bungo Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen tergolong sangat baik dan hari ini sudah memasuki Panen Perdana, hal ini dikatakan oleh Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Aceh (BPTP),Ir.M.Ferizal MSc, Melalui Peneliti Sosial Ekonomi Husaini Yusuf SP,MSi, Rabu-27 -11-2019.

Menurutnya, hasil jagung yang sudah di tanam oleh Masyarakat Desa Meunasah Bungo Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh tersebut dengan luas lahan Uji coba 3 Hektar, hari ini sudah memasuki Panen Perdana.

“Ini pengembangan Varietas unggul Badan Litbang pertanian diantaranya Bima Uri 19 Nasa 29 dan Bisi 18 dan Bima Uri 20 sebagai kunci dari pengamatan visual kami dilapangan dari hasil ubinan yang berumur tanaman secara umum mencapai 120 dan 130 hari sudah baik.

“Kami melihat bahwa secara Visual sangat bagus isinyajuga sangat stabil, hari ini juga kita ambil Sempel pada panen Perdana hari ini di perkirakan sekitar 7 sampai 8 ton per hektar,

Untuk Bima Uri 19 ada perbedaan biji seihingga hasilnya beda, dari hasil pengamatan kami hari ini perbedaan diantara keempat varietas tersebut itu sangat berbeda hasilnya, seperti Nasa 29 dia memiliki tongkol dua dan terbukti di lapangan itu rata-rata Nasa 29 sampelnya yang kita coba dan hasilnya sangat maksimal.

Sementara itu Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Peudada
Suhendra Azhari,RK.,SST, sebagai, juga mengatakan Masyarakat Desa yang dulunya memang mayoritas selalu Menanam jagung,dengan kehadiran Varietas baru yang ditampilkan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanin ( BPTP) ini Masyarakat lebih senang dan lebih aktif untuk bekerja.

“Masyarakat tertarik menanam jagung disini, Masyarakat disini juga pernah menjumpai saya dan mereka berkeinginan menanam jagung dilahan mereka sedangkan hasilnyan nanayi bisa dijadikan bibit untuk berkelanjutan,sebutnya.

Sunardi Hasan sebagai Petani Desa Menasah Bungo Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen kepada Awak Media menjelaskan, Terima kasih kepada ( BPTP) Aceh yang telah membimbing kami dalam hal cara Penanaman jagung yang baik.

“Hari ini sudah kita lihat bersama-sama dengan hasil yang maksimal ini juga ada perbedaan-perbedaan di tahun tahun sebelumnya, untuk tahun ini kami sangat berterimakasih dengan adanya bibit jagung baru yang di Ujicoba oleh BPTP Aceh dan BPP Kecamatan Peudada, Alhamdulillah Masyarakat disini sangat senang dan bisa memaksimalkan hasil panen,”tutupnya,”(A79)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *