Employee Volunteering; Cegah Limbah Plastik di Pasar Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Di sela merayakan Hari Pelanggan Nasional 2019, karyawan-karyawati BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut juga sempat menjalankan program employee Volunteering.

Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) karyawan-karyawati BPJS Ketenagakerjaan ini dilakukan di Pasar Bambe Dukuh Menanggal Surabaya, Rabu (4/9/2019).

Dalam kegiatan ini, karyawan-karyawati BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut ini mengedukasi para pedagang pasar untuk mengurangi pemakaian sampah plastik.

“Program ini merupakan bentuk kepedulian kami karyawan-karyawati BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut terhadap lingkungan sekitar,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut, Oki Widya Gandha, di sela kegiatan.

Dia menjelaskan, pembiayaan kegiatan employee Volunteering ini juga dihimpun dari keikhlasan karyawan-karyawati BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut. “Untuk kegiatan ini kami urunan sukarela,” tandas Oki.

Selesai mengedukasi para pedagang tentang bahaya limbah plastik, karyawan-karyawati BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut membagi-bagikan tas ramah lingkungan (tas yang terbuat dari kain).

Oki menjelaskan, dalam kegiatan ini pihaknya mengajak masyarakat mengurangi sampah plastik. “Kami berharap 150 tas kain yang kami bagikan ini bisa menggantikan kantong-kantong kresek dari bahan plastik,” kata Oki.

“Kita tahu limbah plastik sangat berbahaya dan sulit dimusnahkan. Kita tahu pula Indonesia termasuk negara yang produksi limbah plastiknya tergolong terbesar di dunia. Karena itu, lewat kegiatan ini kami ingin mengkampanyekan pencegahan sampah plastik,” urai Oki.

Selain itu, Oki juga menjelaskan kenapa kegiatan employee Volunteering ini dilakukan di Pasar Bambe Dukuh Menanggal, karena di pasar ini banyak pedagang yang sudah sadar jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dengan didampingi Kepala Pasar Bambe Dukuh Menanggal, Suedi, Oki menjelaskan, dari 111 pedagang di pasar ini 55 pedagang diantaranya telah lama jadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut.

Bahkan, lanjut Oki, mereka banyak yang ikut 3 program, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Hari Tua (JHT). Dan yang belum daftar, dalam bulan ini segera menyusul daftar. (Ganefo)

Teks Foto: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut, Oki Widya Gandha, ketika mengedukasi tentang bahaya limbah plastik dan bagi-bagi tas kain di kegiatan employee volunteering di Pasar Bambe Dukuh Menanggal Surabaya, Rabu (4/9/2019).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *