Evoducate Siap Bantu Pencari Kerja Lewat Pelatihan Sertifikasi Profesi Prakerja

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com-
Salah satu lembaga pelatihan sertifikasi profesi di Surabaya, Evoducate berkomitmen untuk membantu para pencari kerja yang sedang mencari pekerjaan, terutama bagi mereka yang membutuhkan peningkatan kompetensi untuk masuk ke dunia kerja. Lembaga pelatihan ini juga resmi tercatat di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI).

President Director Evoducate, Julitha Rumartha mengatakan, sebagai lembaga pendidikan sertifikasi profesional, Evoducate menawarkan dua program unggulan pelatihan yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta didik.

“Yakni, Prakerja (bekerja sama dengan Kemenkeu RI) dan GPT Consulting (pihak swasta) yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar saat ini dan membuka peluang di dunia kerja,” ujar Martha, Senin (6/5/2024).

Menurut Martha, lembaga pelatihan sertifikasi Evoducate ini baru dibuka di Surabaya dan terbuka bagi mereka yang berusia 18 sampai 64 tahun. “Selain itu, juga bagi mereka yang sedang tidak mengikuti pendidikan formal, untuk mendapatkan Sertifikat Kartu Prakerja agar nantinya bisa digunakan melamar pekerjaan sesuai bidang yang diinginkan,” terangnya.

Director Human Resource and Legal Evoducate, Grace Pintaomas menjelaskan, para peserta yang akan mengikuti pelatihan sertifikasi ini, nantinya akan mendapatkan subsidi atau dana dari pemerintah masing-masing sebesar Rp 4,2 juta.

“Dana tersebut, rinciannya Rp 3,5 juta akan digunakan untuk voucher pelatihan setelah mendaftar di web resmi Prakerja Kemenkeu RI, dan sisanya Rp 700 ribu akan diberikan melalui rekening bank pribadi peserta sebagai modal untuk mencari kerja,” ungkapnya.

Director Operational Evoducate, Muhammad Fabio Virgiansyah mengatakan, para peserta yang sebelumnya sudah lolos dan diterima melalui web Prakerja akan mengikuti pelatihan di Evoducate, setelah sebelumnya menukar kode voucher yang didapat dari web Prakerja.

Selanjutnya, para peserta dibagi sesuai kelas dan bidang yang diinginkan. Nantinya, kelas akan dibuka sebanyak 50-100 peserta dan pelatihan dilakukan secara online atau webinar.

“Ada lima kali pertemuan dan dalam setiap pertemuan berlangsung selama tiga jam, sehingga total ada 15 jam pelatihan. Para trainer yang kami siapkan juga tidak sembarangan. Mereka berasal dari dosen, guru, hingga profesional, serta sudah lolos seleksi ketat dari Kemenkeu RI,” terang Fabio.

Dalam kesempatan yang sama, Department Head of Curriculum Development Evoducate, Zenida Agustina menjelaskan, tugas para trainer tersebut memberikan pelatihan kepada peserta sesuai bidang yang diminati.

Zenida menjelaskan, untuk mendapatkan Sertifikat Pelatihan Prakerja ini, masing-masing peserta harus mengikuti pembelajaran penuh selama lima kali pertemuan melalui webinar. Kemudian, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan dari trainer mulai saat pertemuan hingga post-test dengan nilai minimal 80. Namun, setiap materi soal memiliki standar dan nilai berbeda.

“Sebelum dimulai pembelajaran, para peserta akan diberikan pre-test atau semacam beberapa pertanyaan, materi akan mereka pelajari, kemudian ada pemberian materi dari trainer dan di akhir akan diberi kuis. Setelah kuis, peserta akan mengikuti post test untuk menentukan lulus atau tidak dan dapat sertifikat,” ungkap Zenida.

Untuk mengikuti pelatihan sertifikasi di Evoducate dan informasi lebih jelas, serta berniat memiliki Sertifikat Pelatihan Prakerja untuk melamar pekerjaan, para peserta bisa membukanya di website resmi evoducate.com.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait