IWO-Kedubes Ukraina Peringati Hari Pers Dunia

  • Whatsapp
Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin (berdiri) saat peringati Hari Pers Dunia

Jakarta, beritalimacom| IWO (Ikatan Wartawan Online) dan Kedutaan Besar Ukraina untuk Indonesia gelar peringatan Hari Pers Dunia yang selalu diperingati pada 3 Mei, di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta (6/5).

“Peranan pers tetap penting sebagai pilar keempat demokrasi di seluruh dunia,” ucap Dwi Cristianto, Ketua Umum IWO. Sementara Telly Natalia, Sekjen IWO saat dialog dengan peserta menambahkan, pentingnya empati dalam meliput sebuah peristiwa.

Bacaan Lainnya

Singkat cerita, ada sejumlah kasus kemanusiaan yang melanda dunia, dimana pers harus berperan aktif memberitakan dengan benar dan adil, mengapa peristiwa itu terjadi. Tak sekedar melihat kasusnya semata.

Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin pun sangat setuju dengan peranan pers yang sangat penting. Ia mengingatkan soal pentingnya tak melupakan sejarah. “Tanpa melihat sejarah kita tidak dapat melihat masa depan,” jelasnya.

Diskusi ini juga diikuti oleh dua penanggap, yakni Yui Yamazaki, jurnalis KyodoNews Biro Jakarta dan Fira Abdurachman Sekretaris Jenderal The Society of Indonesian Enviromental Journalist/SIEJ.

Pihak Kedubes Ukraina sempat memutar film pendek terkait peristiwa mengerikan tentang kebocoran reaktor nuklir di Chernobyl, Ukraina (dahulu masih dalam Uni Soviet), pada April 1986.

Jurnalis: Abriyanto

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait