beritalima.com

Fahri Hamzah Menolak Calon Kapolri, LSM LIRA Mendukung

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com | Sejumlah kalangan mulai melakukan penolakan terhadap Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (LSP) yang diajukan Presiden Jokowi ke DPR. Sementara LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) yang vokal mengkritisi Kepolisian merespon mendukung kebijakan Jokowi.

Pasca Presiden Jokowi menunjuk Komjen Pol Listya Sigit Prabowo sebagai Calon Tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang memasuki pensiun Januari 2021, kini marak penolakan kepada Komjen Pol Listya Sigit Prabowo, atas sangkaan pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia).

Adalah Mantan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah melalui akun Twitternya ikut menolak figur Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo karena dinilai memiliki rekam jejak pelanggar HAM. Menurut Fahri Hamzah seorang Calon Kapolri harus punya rekam jejak, tidak pernah melakukan pelanggaran HAM.

Menyikapi adanya penolakan Calon Kapolri Baru, Presiden LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal merespon sikap penolakan dari berbagai pihak termasuk, Fahri Hamzah. Aktivis penggiat anti korupsi itu menyebutkan, pro dan kontra dalam pemilihan Kapolri itu biasa. Sejak dulu juga begitu. Biarkan saja.

“Presiden Jokowi sebelum mengambil keputusan menunjuk Komjen Pol Listya Sigit Prabowo tentu telah mempertimbangkan berbagai aspek. Termasuk menerima masukan dari berbagai pihak termasuk Civil Society Organization (CSO) maupun usulan seperti Kompolnas,” tegas Jusuf Rizal yang juga Ketua Presidium Relawan Pro-JA (Jokowi-KH. Ma’ruf Amin) The President Center itu.

beritalima.com

Karena itu penolakan adalah bagian dari demokrasi. Ada yang menolak dan ada yang menerima sepanjang dilakukan dengan cara yang benar, tidak mengandung sara, itu wajar-wajar saja. Penolakan tersebut lebih banyak muatan politis daripada objektivitas.

Jauh sebelum penetapan Calon Kapolri oleh Presiden Jokowi, LSM LIRA telah memantai figur-figur kandidat calon Kapolri, termasuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang dinilai memiliki peluang kuat menggantikan Jenderal Pol Idham Azis sebagai Kapolri. Tidak hanya karena memiliki karir bagus, tetapi mantan ajudan Jokowi ini memiliki kedekatan yang baik dengan Jokowi dibanding figur lainnya.

“Untuk itu LSM LIRA mendukung kebijakan Presiden Jokowi yang telah menunjuk Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri. Diharapkan dibawah kepemimpinan Sigit, kedepan bisa mendorong Polri lebih Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya),” tegas Jusuf Rizal yang juga Sekjen Perkumpulan MOI (Media Online Indonesia) itu.

Dikatakan, selama ini LSM LIRA selalu bermitra dengan Kepolisian secara Profesional, Kritis dan Konstruktif, baik di Pusat maupun di daerah. LSM LIRA termasuk salah satu LSM yang memperoleh kepercayaan Polri dalam proses rekrutmen SDM Kepolisian sebagai pengawas.

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait