Februari 2022 Jatim Inflasi 0,05 Persen

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Jawa Timur pada Februari 2022 mengalami inflasi sebesar 0,05 persen. Dari delapan kota IHK di Jatim, lima kota mengalami inflasi dan tiga kota mengalami deflasi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur, Dadang Hardiwan, menjelaskan, inflasi tertinggi terjadi di Kota Kediri, yakni sebesar 0,20 persen. “Sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Madiun, 0,03 persen,” tambah dia melalui YouTube, Selasa (1/3/2022).

Disampaikan pula, deflasi tertinggi terjadi di Kota Probolinggo, sebesar 0,18 persen, dan terendah di Banyuwangi sebesar 0,15 persen.

Disebutkan, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga secara umum, yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Dari sebelas kelompok pengeluaran, tujuh kelompok mengalami inflasi, dua kelompok mengalami deflasi dan dua kelompok lainnya tidak mengalami perubahan.

Kelompok pengeluaran yang mengalami inflasi tertinggi adalah kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga, sebesar 0,78 persen, diikuti kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,56 persen.

Kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,34 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,27 persen.

Terus, kelompok kesehatan sebesar 0,22 persen, kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,12 persen, dan kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,10 persen.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,57 persen, dan kelompok transportasi sebesar 0,04 persen.

Adapun kelompok pengeluaran yang tidak mengalami perubahan adalah kelompok pendidikan dan kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Tingkat inflasi tahun kalender Februari 2022 sebesar 0,50 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Februari 2022 terhadap Februari 2021) tercatat sebesar 2,42 persen. (Gan)

Teks Foto: Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait