Filep: Saatnya Pemerintah Perbarui Komitmen Majukan Indonesia Timur

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Senator Provinsi Papua Barat, Filep Wamafma memandang, peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 menjadi momentum bagi pemerintah memperbarui komitmen untuk memajukan wilayah Indonesia Timur.

Di usia lebih dari setengah abad republik ini, Filep berharap lebih banyak lagi program dan inovasi kebijakan yang berpihak kepada percepatan pembangunan khususnya bagi Provinsi Papua Barat.

“Saatnya pemerintah memperbarui komitmen keberpihakan bagi wilayah Indonesia timur, khususnya Papua Barat. Agenda pembangunan yang sifatnya substansial dan berkelanjutan dapat direalisasikan dengan baik dan menjawab persoalan mendasar di tanah Papua,” ungkap Filep seperti diberitakan jagapapua.com, Senin (16/8).

Menurut anggota Komite I DPD RI ini, komitmen keberpihakan tak hanya pada pembangunan infrastruktur saja melainkan juga komitmen yang mendasar bagi pemenuhan hak-hak dasar Orang Asli Papua (OAP).

Selain itu, komitmen tersebut juga mencakup pemberian kewenangan khusus bagi pemerintah daerah Papua dan Papua Barat sebagaimana akan terlihat dalam implementasi UU Otsus.
“Komitmen itu bukan hanya tentang pembangunan infrastruktur, juga memberi kewenangan khusus kepada pemerintah daerah dalam rangka implementasi UU Otsus sebagaimana amanat kekhususan di dalamnya.”

Buat Filep yang juga Ketua STIH Manokwari ini, momentum peringatan Hari Kemerdekaan RI, rakyat Papua juga harus merasakan kemerdekaan dari bayang-bayang isu rasisme dan persoalan Hak Asasi Manusia (HAM).
Karena itu, Filep berharap, semangat kebhinekaan dan rasa solidaritas sesama saudara se-Tanah Air selalu melekat dalam sanubari setiap warga Indonesia dimanapun berada.

Di usia 76 tahun Indonesia merdeka, Papua masih saja dihantui isu rasisme dan persoalan HAM yang tak kunjung usai. Kami berharap tidak ada lagi ke depan, tindakan rasis, kekerasan dan tindakan-tindakan lain yang menciderai HAM terulang kembali.

“Harapan kami komitmen kebhinekaan dan solidaritas sesama warga negara Indonesia selalu dijunjung tinggi dalam bingkai persatuan dan kesatuan RI,” demikian Filep Wamafma. (akhir)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait