Foto Caleg Tertukar Pada DCT, KPU Diprotes Partai Berkarya

  • Whatsapp

SITUBONDO,Beritalima.com – Terobosan Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo dengan menyebarkan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabuoaten Situbondo pada pemilu serantak 2019 ke sejumlah Dapil menuai protes dari pengurus Partai karena penempatan Foto caleg yang tertukar. Jumat (5/10/2018)

Sekretaris Dewan Pimpinan daerah Partai Berkarya Kabupaten Situbondo mengaku sangat kecewa dengan kinerja KPU, karena sudah menyebarkan DCT melalui pamflet – Pamflet, tapi nama dan foto para caleg tertukar.

“Kami partai berkarya sangat kecewa dengan kinerja KPU, karena Foto Caleg Kami dari Partai Berkarya di pasang terbalik, dan ini menurut kami sangat merugikan bagi masing – masing caleg tersebut karena bisa membingungkan bagi pemilih atau pendukung dari para caleg itu sendiri, dan ternyata kekeliruan itu juga terjadi pada caleg dari dari partai PPP,”Jelasnya.

Temuan tersebut ditemukan oleh Tim relawan Partai Berkarya yang disebarkan oleh KPU di seputar Dapil IV atau meliputi wilayah pemilihan kecamatan, Jati Banteng, Besuki dan Banyuglugur

“Kami minta KPU segera menarik semua Pamflet, yang yang sudah tersebar, jika dalam 1 X 24 masih tidak dilakukan pencabutan, kami lakukan protes keras terhadap KPU kabupaten Situbondo,”Tegasnya.

Menanggapi temuan tersebut Ketua KPU kabupaten Situbondo Marwoto,SE menjelaskan sebelumnya KPU sudah melakukan pemantauan diberbagai media massa namun tidak ditemukan kesalahan apapun untuk Up profile, namun karena Alat Peraga Kampanye belum tercetak, dirinya menginisiasi untuk pengenalan para calon terhadap masyarakat dengan pamflet.

“Ternyata ada info dari rekan – rekan wartawan jika ada kesalahan cetak tertukarnya Foto pada DCT setelah kami lakukan pengecakan, ternyata data pembaruan dari partai belum masuk kebidang pengadaan kami, sehingga kemudian terjadi salah cetak,”Terangnya.

Dirinya juga mengakui belum sempat dilakukan pengecakan aebelum menyebarkan, namun Pihaknya sudah menerjunkan tim untuk mencabut semua pamflet DCT keliru cetak yang sudah tersebar tersebut,”kami pastikan Besok pagi sudah terpasang kembali dan akan kami pastikan agar tdiak ada lagi kekeliruan cetak, terima kasih Informasinya,”Imbuh Marwoto.

Terdapat Dua foto yang tertukar dari dua partai diantaranya adalah foto milik caleg dari PPP nomer urut 5 Siti Wahyuni Besuki tertukar dengan M.Faisol.M,PD.i asal besuki, sementara dari Partai Berkarya Yuli Astuti asal desa Bloro kecamatan Besuki, tertukar dengan Irwan Soehari asal desa Pesanggrahan kecamatan Jangkar. (Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *