Fotografi Beri Kontribusi Tinggi Bagi Sektor Ekonomi Kreatif

  • Whatsapp
Fotografi Beri Kontribusi Tinggi Bagi Sektor Ekonomi Kreatif

Yogyakarta, beritalima.com | Perkembangan dunia fotografi di Tanah Air miliki potensi sangat besar. “Fotografi adalah salah satu dari subsektor ekonomi kreatif dan memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan kepariwisataan,” ucap Ni Wayan Giri Adnyani, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat memberi sambutan dalam Simposium Nasional “Nostalgia for the Present 2024” di Institut Seni Indonesia/ISI Yogyakarta (3/3).

Simposium Nasional ini menghadirkan beberapa narasumber di antaranya Irwandi (akademisi), Wahyudin (kurator), Edy Prakoso (pemilik Sasanti Gallery), Empu Ageng Oscar Motuloh (fotografer profesional/mantan Direktur Antara), Arbain Rambey (fotografer Kompas), Suwarno Wisetrotomo (kurator), Sardono W. Kusumo (seniman), R. Drajatno Widi Utama (Dosen Universitas Trisakti), dan Sigit Pramono (Budayawan), serta Goenawan Soesatyo Mohammad, yang juga seorang penyair, esais, penulis naskah drama, dan editor Indonesia. Acara ini juga menghadirkan satu-satunya profesor di bidang fotografi di Indonesia, Profesor Soeprapto Soedjono yang pernah menjadi akademisi di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Giri mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi media kreatif penghubung antara wisatawan dan masyarakat yang sekaligus mempromosikan daya tarik destinasi maupun gagasan event kreatif yang tercipta sehingga ada ruang untuk berinteraksi secara bersama-sama dan berbagi pengalaman.

Rektor ISI Yogyakarta, Irwandi, menambahkan agar kolaborasi antarsektor ini terus dijaga dan ditingkatkan sehingga mampu memberikan benefit yang besar bagi ISI Yogyakarta, alumni, dan seluruh civitas akademika.

“Saya mengucapkan selamat kepada seluruh pembicara simposium hari ini. Semoga kita bisa menambah khasanah keilmuan kita di bidang seni dan media, khususnya fotografi, yang sekarang menemukan banyak tantangan. Terima kasih sudah hadir pada acara hari ini,” ujar Irwandi.

Acara ini juga diisi dengan Pameran Fotografi dan Pemutaran Film pada 4-14 Maret 2024 di Galeri RJ Katamsi ISI Yogyakarta dan Workshop Fotografi pada 5-7 Maret 2024. Giri selaku Sekretaris Kemenparekraf turut menghadirkan karya fotografinya di pameran ini.

Jurnalis: Abriyanto.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait