Kadis Pendidikan Hadiri Pentas Seni SMPN 1 Tulungagung

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Rahadi P. Bintara, S.E., M.Si, menghadiri acara Pentas Seni (Pensi) yang diselenggarakan oleh SMPN 1 Tulungagung, Rabu 6 Maret 2024.

Dengan tema “Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang Kreatif dan Berkebhinnekaan Global”, acara ini digelar di halaman sekolah.

Rahadi P. Bintara, S.E., M.Si, mengatakan, Pensi SMPN 1 digelar guna untuk memacu kreatifitas dan bakat siswa di bidang masing-masing yang selama ini diminati dan ditekuni di sekolah.

Menurutnya, terkait dengan kegiatan Pensi ini sesuatu hal yang sangat luar biasa, karena selain anak-anak bisa mengeksplor seluruh bidang dan minatnya, penyelenggaraan dan Even Organizer (EO) juga anak-anak dari sekolah sendiri.

“Jadi selain bisa memunculkan bakat dan minatnya, juga sudah bisa menjadi EO untuk menyelenggarakan kegiatan sendiri yang sangat meriah dan kreatif,” ujarnya.

Lanjutnya, anak-anak patut diapresiasi, mereka yang masih SMP mempunyai talenta-talenta yang luar biasa termasuk dalam hal mengorganisir kegiatan yang mana arahnya ini adalah penguatan profil pelajar Pancasila P5.

Pensi ini merupakan karya dari anak-anak yang selama ini menekuni kegiatan di bidang yang mereka senangi dan tekuni. Saya hadir disini, selain melihat karya dari anak-anak SMPN 1 Tulungagung, juga memberikan spirit terkait dengan kegiatan ini, yang mana sukses diawali dan dimulai dari mereka,” imbuhnya.

Dikonfirmasi apakah setiap sekolah yang ada di Kabupaten Tulungagung mengadakan Pensi, ia menerangkan, kegiatan seperti ini tergantung dari kearifan lokal masing-masing satuan pendidikan, semua sekolah mempunyai eksplorasi terkait bakat dan minat.

“Hampir seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Tulungagung menggelar Pensi, cuma kearifan lokalnya tergantung penyelenggaranya, mungkin tidak sama seperti dengan SMPN 1 Tulungagung ini,” tutupnya.

Sementara itu, M. Ali Mansur, Waka Kesiswaan sekaligus Ketua Panitia Pensi SMPN 1 Tulungagung mengatakan, Pensi SMPN 1 Tulungagung melibatkan seluruh siswa mulai klas VII – IX. Segala ekstrakurikuler yang ada disini ditampilkan terutama dalam hal seni seperti, tari-tarian, band, gerakan pramuka dan PMR juga ikut ditampilkan.

“Semua ekstrakurikuler kita tampilkan di Pensi ini dengan tujuan yakni, untuk memacu kreativitas siswa yang diadakan setiap tengah semester genap,” kata Ali Mansur.

Pihaknya berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini memberikan tempat dan ruang anak-anak untuk berkreasi, sehingga tidak dilampiaskan ke hal-hal yang negatif.

“Anak-anak merasa bangga bisa tampil di acara Pensi sekolah, karena dengan ikut kegiatan seperti ini dapat melatih mental lebih kuat dan menunjukkan karya terbaiknya,” harapnya.

“Alhamdulillah antusias siswa cukup besar, mayoritas dari mereka menginginkan diadakan Pensi, karena pengen menunjukkan keahlian dan skill dihadapan guru dan teman-temannya,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait