FP UWKS Seminar Nasional: Alih Fungsi Lahan Pertanian Ancam Krisis Pangan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Magister Agribisnis dan Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) bekerja sama dengan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI) Komisariat Surabaya gelar Seminar Nasional bertema “Strategi Mempertahankan Lahan Pertanian Dalam Mengatasi Krisis Pangan”, Selasa (22/11/2022).

Bertempat di Bangsal Poncowaliko UWKS, seminar ini dibuka Rektor UWKS Prof. Dr. H. Widodo Ario Kentjono dr. Sp THTBKL Subsp.Onk.(K) FICS. Seminar yang diikuti 147 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan undangan ini menghadirkan para narasumber yang expert pada bidang tersebut.

Mereka, Prof. Dr. Ir. Bustanul Arifin MS (Ketua PERHEPI Pusat), Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto MP (Guru Besar Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UPN ‘Veteran’ Jatim), Dr. Sujarwo SP MP (Sekretaris Jenderal PERHEPI), Dr. Ir. Markus Patiung MP (Ketua PERHEPI Komisariat Surabaya), dan Associate Prof. Nugrahini SW M.Si (Ketua Prodi Magister Agribisnis FP UWKS).

“Pelaksanaan acara ini merupakan media untuk menciptakan pola pikir yang objektif serta kesadaran untuk masyarakat luas terkait urgensi alih fungsi lahan pertanian,” ujar Rektor UWKS.

Lebih lanjut Widodo Ario Kentjono mengatakan, alih fungsi lahan pertanian yang tidak terkendali dapat mengancam kapasitas penyediaan pangan, bahkan dalam jangka panjang dapat menciptakan krisis pangan.

Menurutnya, isu alih fungsi lahan menjadi tantangan bagi eksistensi ketahanan pangan tidak hanya di Indonesia tetapi juga secara global.

Seminar nasional ini juga merupakan media desiminasi hasil penelitian dari Prodi Agribisnis dan Magister Agribisnis FP UWKS dan universitas-universitas nasional lainnya. Menyajikan 20 makalah dari beberapa universitas nasional, di antaranya Universitas Brawijaya, Universitas Trunojoyo Madura, UPN Veteran Jatim, Universitas Mulawarman, dan Universitas Panca Marga Probolinggo.

Di samping itu seminar ini mengundang seluruh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di Jawa Timur, PERHEPI Jawa Timur, Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Jatim, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, serta dihadiri oleh rekanan Universitas Wijaya Putra Surabaya dan Universitas Islam Raden Rahmat Malang.

Ketua Panitia Seminar Nasional “Strategi Mempertahankan Lahan Pertanian Dalam Mengatasi Krisis Pangan”, Dr. Ir. Markus Patiung MP menyampaikan, seminar ini diadakan sebagai bentuk kepedulian terhadap alih fungsi lahan pertanian yang semakin hari semakin meningkat.

Sebagai Ketua PERHEPI Komisariat Surabaya sekaligus Dosen di FP UWKS, Markus Patiung berharap diskusi dalam seminar ini akan menemukan solusi terkait alih fungsi lahan dan ancaman krisis pangan. (Gan)

Teks Foto: Ketua PERHEPI Pusat, Bustanul Arifin, dalam Seminar Nasional bertema “Strategi Mempertahankan Lahan Pertanian Dalam Mengatasi Krisis Pangan” di UWKS, Selasa (22/11/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait