Gali Potensi Desa, Wisata Tirta Agung Bondowoso Juara II Desa Rintisan ADWI 2022

  • Whatsapp
Camat Sumber Wringin Probo Nugroho ditemani Kades Sukosari Kidul saat menerima penghargaan satu Unit mobil dari Pemkab Bondowoso. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Objek wisata Tirta Agung, di Desa Sukosari Kidul, Kecamatan Sumber Wringin, berhasil menjadi juara II dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, kategori desa wisata rintisan tingkat nasional.

Atas capaian luar biasa itu, Bupati Salwa Arifin memberikan penghargaan dan bahkan sebuah mobil operasional.

Semuanya diserahkan secara simbolis pada Malam Anugerah Sinergitas 2022, di Pendopo Raden Bagus Asra, Selasa (13/12/2022) malam.

Camat Sumber Wringin, Probo Nugroho, mengaku sangat bersyukur atas raihan ini. Karena, potensi alam yang kurang di Desa Sukosari Kidul justru tak menyurutkan kreativitas pemuda sekitar untuk menciptakan objek wisata Tirta Agung ini.

Lebih-lebih, justru kini keberadaan objek wisata unggulan desa Sukosari Kidul yang embrionya dari BumDes itu, justru mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Ini merupakan hasil cross cutting antar OPD. Utamanha pembinaan Bumdes dari Dinas Pemberdayaan,” jelasnya.

Ia menerangkan, ke depan pihaknya akan terus berbenah melalui dana desa (DD) berikut bantuan dari Kemendes PDTT yang akan diterima untuk pengembangan desa.

Sementara itu, Kepala Desa Sukosari Kidul, Tolak Abdul Azis, mengatakan, pihaknya akan terus berinovasi dalam pengembangan objek wisata Tirta Agung.

Karena, memang sejak awal pihaknya membuat Tirta Agung dengan tujuan mensejahterakan perekonomian masyarakat.

Kini PADes yang diperoleh sepanjang 2021 dari Tirta Agung mencapai Rp 54 juta. Penggunaannya dikembalikan untuk pengembangan Tirta Agung, berupa pembangunan kios-kios UMKM yang akan digunakan masyarakat di sekitar objek wisata.

” Kita memang sangat membutuhkan anggaran, karena wisata Tirta Agung yang luasannya mencapai 4 hektar perlu dukungannya dari pemerintah daerah,” urainya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Haeriyah Yuliati, menjabarkan, bersyukur dan apresiasinya atas capaian itu.

Karena memang Bumdes binaannya ini menjadi salah satu yang terus eksis.

“Saat ini kita mempunyai beberapa Bumdes yang bergerak di bidang wisata, salah satunya Bumdes Sukosari Kidul,” pungkasnya.(*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait