Gandeng BPCB Trowulan, Pemkot Madiun Lakukan Ekskavasi Sendang Tundung Medioen

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, Jawa Timur, Pemerintah Kota Madiun, melalui Dinas Kebudayaan, Pariwitasa, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora), akan melakukan ekskavasi (penggalian) di Sendang Tundung Medieon, Kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman.

Menurut Kabid Kebudayaan, Heny Rahayu, melalui Kasi Cagar Budaya, Disbudparpora Kota Madiun, Sumiati, ekskavasi ini untuk mencari benda benda yang ada di Sendang Tundung Medioen yang diduga sebagai cagar budaya.

“Mungkin ada strukturnya, atau ada batu batu yang berbau peninggalan. Karena kita awam, makanya kita mendatangkan tim ahli dari BPCB Trowulan,” terang Sumiati, Senin 13 September 2021, malam.

Bahkan, lanjutnya, ekskavasi juga akan dilakukan di sebuah tempat yang diduga juga sebuah situs yang ada di Jalan Setinggil Kelurahan Demangan dan Makam Patih Gringsing, yang juga di Jalan Setinggil.

Ekskavasi Sendang Tundung Medioen, dilakukan karena tempat tersebut merupakan kawasan cagar budaya kota/kabupaten.

“Jadi ini bukan pemugaran, tapi baru ekskavasi,” sambung Heny Rayahu.

Sebelum memulai ekskavasi yang rencananya dimulai Selasa (14/9), pihak Disbudparpora Kota Madiun menggelar doa bersama dengan protokol kesehatan yang ketat. Doa bersama ini bertujuan agar selama proses ekskavasi, berjalan lancar.

Sebelumnya, Minggu (12/9) malam, kalangan spiritualis dan beberapa warga juga menggelar selamatan dan doa bersama di tempat yang sama. Tujuannya sama, yakni agar selama proses ekskavasi berjalan lancar.

Untuk diketahui, BPCB Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur, merupakan sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Kebudayaan, yang bernaung dibawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (Dibyo).
Heny Rahayu (nomor 1 dari kiri), Sumiati (nomor 2 dari kiri) bawah.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait