Gelar Madrasah Amil di Masjid, Lazisnu Surabaya Tegaskan SK Amil Gratis dan dipermudah

  • Whatsapp

SURABAYA | beritalima.com – Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya menggelar Madrasah Amil Zakat di Masjid Baitul Mukminin , Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Kamis (4/4/2024).

Kegiatan ini diikuti Takmir Masjid Baitul Mukminin dan Pengurus Musholla maupun Pengurus RT/ RW se Kelurahan Kedung Baruk Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.

Ketua LAZISNU PCNU Kota Surabaya, Ustadz Dr. Moh. Mukhrojin, M.Si menyampaikan bahwa seorang Amil Zakat yang ideal hendaknya mempunyai empat syarat yang harus dipenuhi yaitu : Kober ( punya waktu), Pinter ( bisa berhitung), Bener (sesuai syariat), dan Jeger ( Ekonomi mapan) sehingga Pengelolaan Zakat dapat berjalan secara maksimal.

“ Sebagai pengurus Lazisnu itu niatnya Khidmah pada NU, namun juga harus mempunyai Syarat sebagai Amil Syar’i yang ideal yaitu : Kober, Pinter, Bener dan Jeger ,” ujarnya.

Sekretaris LAZISNU PCNU Kota Surabaya, Ustadz Dr. Aris Nurullah, MH menyampaikan, penting dan wajib hukumnya panitia zakat mendaftarkan diri ke Badan Amil zakat atau lembaga amil zakat agar secara hukum fiqih dan hukum negara dinyatakan sah sebagai amil zakat syar’i.

“Madrasah Amil Zakat ini sangatlah penting untuk memberikan pemahaman kepada calon Amil tentang tata kelola zakat sesuai dengan syariat Islam. Para petugas JPZIS harus paham hukum dan pelaksanaan zakat menurut ulama mazhab sehingga diharapkan zakat yang dibayarkan muzakki sesuai dengan ketentuan fiqih dan didistribusikan tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Baitul Mukminin, KH. Maskan menyampaikan, terima kasih dan menyambut baik adanya Madrasah Amil Zakat LAZISNU ini, karena selama ini belum pernah diadakan madrasah Amil seperti ini sehingga dapat mencerahkan bagi Takmir maupun pengurus Musholla maupun RT diwilayah Kedung Baruk.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, sehingga kami paham tentang pentingnya menjadi amil syar’i dan paham tentang solusi problematika zakat yang selama ini terjadi di masyarakat,” katanya.

Pengurus Lazisnu PCNU Kota Surabaya melayani masjid / Musholla yang ingin menjadi Amil yang Aman Syar’i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI, Semua proses pendaftaran, penerbitan SK serta Pembinaan dan Pelaporan tidak dipungut biaya atau Gratis.

beritalima.com

Pos terkait