Gelora Desak AS dan China Laksanakan Komitmen Atasi Perubahan Iklim

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Partai Gelora Indonesia memberikan apresiasi mendalam atas pertemuan Amerika Serikat dengan Republik Rakyat China membahas upaya bersama untuk mengatasi perubahan iklim di Shanghai, China minggu lalu.

“Partai Gelora Indonesia berpendapat, AS dan RRC sebagai dua negara dengan perekonomian terbesar sekaligus penyumbang polusi terbesar di dunia merupakan kunci dari upaya bersama untuk mengatasi perubahan iklim dan dampak negatifnya,” kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Partai Gelora Indonesia, Henwira Halim dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (22/4).

Partai Gelora  berharap AS dan RRC dapat mengesampingkan perbedaan-perbedaan yang ada untuk melaksanakan komitmen dalam memimpin upaya global, yakni dengan mengembangkan teknologi ramah lingkungan, mengurangi polusi dan membangun kesadaran akan dampak negatif dari perubahan iklim.

“Delegasi AS dipimpin John Kerry dan delegasi RRC dipimpin Xie Zhenhua. Mereka Utusan Khusus untuk Perubahan Iklim negaranya, mengeluarkan pernyataan bersama yang menegaskan komitmen untuk kerjasama dengan negara-negara lain dalam mengatasi perubahan iklim,” ujar Henwira.

Karena itu, Gelora mendesak Pemerintah Indonesia meningkatkan partisipasi aktif dalam upaya global mengatasi perubahan iklim dengan berkomitmen serius pada pengembangan dan penggunaan teknologi ramah lingkungan dan mengurangi pencemaran alam.

“Bencana alam akibat cuaca buruk, pandemi, dan naiknya permukaan laut merupakan dampak negatif perubahan iklim yang tidak dapat diabaikan dan akan terus memakan korban jiwa serta menimbulkan kerugian ekonomi yang besar jika tidak segera ditanggulangi,” kata dia.

Gelora juga menegaskan komitmennya pada isu lingkungan dan perubahan iklim sebagai bagian penting upaya memajukan dan mensejahterakan kehidupan bangsa dengan baik dan berkesinambungan.  (akhir)

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait