NASA Terbangkan Heli di Mars, Gelora: Kita Bisa Asal Fokus Kembangkan Iptek

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau Lembaga Antariksa Amerika Serikat (AS) mengumumkan telah menerbangkan helikopter mini Ingenuity di Mars, Senin (19/4). “Partai Gelora Indonesia mengucapkan selamat atas keberhasilan NASA,” kata Ketua bidang Hubungan Luar Negeri Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Henwira Halim, Kamis (22/4).

Henwira menilai keberhasilan Ingenuity mengudara di atmosfir Mars yang sangat tipis merupakan bukti dengan fokus dan komitmen yang kuat umat manusia punya kemampuan mengatasi berbagai tantangan. “Bahkan tantangan yang ada di dunia lain jutaan kilometer jauhnya,” ujar Henwira.

Partai Gelora berharap kesuksesan Ingenuity dapat menjadi contoh bagi Indonesia untuk serius mengembangkan pendidikan dan riset di bidang sains, teknologi dan rekayasa agar tidak tertinggal dari negara-negara lain di bidang antariksa.

“Partai Gelora mendesak Pemerintah Indonesia fokus pada komitmen memajukan dunia pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam negeri ketimbang pada proyek konstruksi yang bersifat mercu suar,” kata Henwira.

Menurut dia, Indonesia mempunyai potensi yang sama seperti NASA dalam mengembangkan helikopter mini Ingenuity. Sebab, Indonesia berpotensi sebagai salah satu kekuatan besar dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi global.

“Ini menjadi tanggungjawab kita bersama sebagai bangsa Indonesia untuk mewujudkan potensi itu menjadi sebuah kekuatan dan sumber daya untuk memajukan kehidupan bangsa dan berkontribusi kepada kemajuan umat manusia di seluruh dunia. Untuk mewujudkan hal itu, Gelora mengusung visi Arah Baru Indonesia menjadikan kekuatan lima besar dunia sejajar dengan AS, Uni Eropa, Rusia dan China,” kata dia.

Seperti diketahui, setelah berhasil menerbangkan helikopter mini Ingenuity di Mars, NASA mengatakan, Ingenuity akan kembali mengudara empat kali lagi dengan jarak dan ketinggian yang semakin bertambah. Ingenuity juga dilengkapi sensor dan kamera untuk mengabadikan pemandangan Mars dari ketinggian.

NASA telah mengumumkan bahwa langkah berikutnya setelah kesuksesan Ingenuity di Mars adalah menerbangkan helikopter di Titan, bulan terbesar planet Saturnus, dalam 10 tahun mendatang. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait