Gencot Sektor Pariwisata: DPRD dan dispar Halbar, studi banding Ke Jogja

  • Whatsapp

JAILOLO,BeritaLima.com– Dalam menggenjot asas manfaat dari pariwisata di Kabupaten Halmahera Barat, Komisi II DPRD Halbar, bakal melaksanakan Studi Banding (Stuban) di Daerah Istimewah Jogjakarta pada Selasa 17 Maret pekan depan.

Ketua Komisi II DPRD Halbar Nikodemus Ratulangi saat ditemui dikantor DPRD Halbar Senin(9/03/ 2020) mengatakan, kemarin Komisi II sudah melakukan hering dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Halbar terkait asas manfaat dari pariwisata.

“Untuk itu kami Akan Studi Banding Ke Jogja tentang Pariwisata dan nanti kami lihat apakah ada asas manfaat buat Masyarakat secara umum atau tidak kalau merugikan maka kita harus evaluasi”. Ujar Politisi Gerindra.

“Karena sampai saat ini kita melihat asas manfaat dari Pariwisata belum terasa oleh masyarakat”. Ujarnya.

Sebab menurutnya soal perkembangan pariwisata tersebut khususnya di Festival Teluk Jailolo (FTJ) tahun 2020 ini dapat memberikan asas manfaat satu di antaranya seperti dari  sisi ekonomi, ”  Komisi II berharap FTJ ada dampak manfaat seperti perputaran ekonomi dan menjadi contoh untuk Kabupaten/kota lain,”ungkap Nikodemus.

Dengan demikian politisi Gerindra ini mengakui, keberangkatan studi banding bersama Dispar itu, guna melakukan perbandingan parawisata Jogjakarta dan di Kabupaten Halbar, “Untuk anggaran yang bersumber dari Pemerintah pusat ke Dispar Halbar, tahun 2019 sebesar Rp 5,3 miliar sementara pada  tahun ini senilai Rp 8,3 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).”pungkasnya.(Ay).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait