Gerak Jalan Tradisional Candil Ajang Pemersatu Masyarakat Di Lumajang

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Kegiatan tahunan dalam rangka peringatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu), menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang tak pernah terlupakan adalah gerak jalan tradisional Candipuro-Lumajang (Candil). Icon yang menjadi dambaan yang ditunggu-tunggu masyarakat Lumajang umumnya, untuk mewujudkan kesatuan yang erat melalui kegiatan gerak jalan tersebut, Sabtu (28/12/2019).

Kegiatan gerak jalan Candil tersebut, dengan rute Start kecamatan Candipuro dan Finish Alun-alun Lumajang. Untuk menghindari kemacetan, rute arus kendaraan Malang-Lumajang dialihkan lewat jalan alternatif pasar Candipuro ke Utara-desa Keloposawit-desa Tumpeng,-desa Karanganom belok kanan langsung arah Lumajang. Para peserta Gerak Jalan Tradisional Candil ke-9 Tahun 2019 diikuti ribuan peserta, baik perorangan maupun beregu.

Gerak jalan Candil secara resmi diberangkatkan oleh bupati Lumajang, Thoriqul Haq M ML (cak Thoriq) didampingi wakil bupati Lumajang, Ir Indah Amperawati M Si (bunda Indah). Gerak Jalan Tradisional Candil yang merupakan rangkaian acara peringatan Hari Jadi kabupaten Lumajang (HARJALU) ke-764 tersebut, diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat, baik yang berusia muda maupun lansia.

Dalam penyelenggaran event tahunan ini, Cak Thoriq mengaku bangga melihat antusiasme para peserta. Banyak peserta yang kreatif dengan mengenakan pakaian adat daerah lain, adapula yang mengenakan kostum unik lainnya, seperti kostum perang, setan, dan badut.
“Bendera apa saja boleh berkibar, tapi kita adalah masyarakat Lumajang yang mencintai kabupaten Lumajang, yang bangga dengan kabupaten Lumajang”, ujar cak Thoriq.

Sementara itu dalam sambutannya, Bunda Indah juga menghimbau kepada para peserta agar menjaga ketertiban lalu lintas dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. “Para peserta harus hati-hati, tidak boleh curang, harus sportif”, pesan bunda Indah.

Kepala Dispora kabupaten Lumajang, Paimin AP menjelaskan, bahwa jumlah peserta Gerak Jalan Tradisional Candil kali ini diikuti sebanyak 4.836 orang, dengan kategori beregu sebanyak 1303 peserta, dan kategori perorangan sebanyak 3606 peserta. Ia menambahkan, selain bertujuan untuk memeriahkan Harjalu ke-764, acara tersebut juga bertujuan untuk memberikan hiburan olahraga ke masyarakat, dengan kegiatan olahraga yang murah meriah dan menyenangkan.

Usai memberangkatkan para peserta, Cak Thoriq, Bunda Indah, Ketua DPRD kabupaten Lumajang, H Anang Akhmad Saifuddin, Dandim 0821 Lumajang, Letkol Inf Ahmad Fauzi S E, dan seluruh jajaran Forkopimda, membaur bersama para peserta mengikuti acara gerak jalan tersebut. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *