beritalima.com

Giat Suro dan Suran Agung, Sepakat Gelar Bakti Sosial dan Bagi Masker

  • Whatsapp
H. Maidi (kiri atas)

MADIUN, beritalima.com- Peringatan Suroan dan Suran Agung tahun ini akan dilaksanakan dengan cara yang berbeda. Para pengurus perguruan silat di wilayah Kota Madiun, Jawa Timur, telah sepakat untuk meniadakan giat pengesahan anggota baru dan ziarah makam leluhur.


Sebagai gantinya, para pendekar di wilayah Kota Madiun akan melaksanakan giat bakti sosial dan pembagian masker untuk masyarakat umum.


‘’Semua aktivitas Suroan dan Suran Agung harus ikut mengerem penyebaran Covid-19 di Madiun Raya dan meningkatkan perekonomian,’’ tutur Walikota Madiun, H. Maidi, saat menghadiri Rapat Koordinasi dan Fasilitasi Suroan dan Suran Agung se-Bakorwil 1 Madiun, Kamis 13 Agustus 2020.


Walikota berharap, para pendekar dari berbagai perguruan silat di Kota Madiun bisa menjadi contoh penerapan protokol kesehatan serta turut berpartisipasi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari.
Sementara itu, Karo OPS Polda Jatim, Kombes Pol Muhammad Firman, mengungkapkan, kepolisian, khususnya di wilayah Jatim, telah mempersiapkan kegiatan pengamanan Suroan dan Suran Agung.
‘’Kegiatan penyekatan akan kami lakukan. Tapi sifatnya adalah mengedukasi agar protokol kesehatan tetap dijalankan sesuai perintah Presiden Joko Widodo. Kepolisian dan TNI adalah garda terdepan penerapan protokol kesehatan,’’ jelasnya.


Giat rakor dan fasilitasi Suroan dan Suran Agung di wilayah Madiun Raya juga dihadiri oleh Plt Kepala Bakorwil 1 Madiun, Benny Sampirwanto, Komandan Korem 081 Madiun Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, Kapolres Madiun Kota AKBP R. Bobby Aria Prakasa SIK, Wakil Walikota Madiun Inda Raya, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya, Wakil Bupati Madiun, H. Hari Wuryanto, serta Frkopimda di wilayah Kabupaten Madiun dan Bakorwil 1 Madiun.


Untuk diketahui, sebelumnya ada pandemi Covid-19, tiap bulan Suro (Muharram) ada dua kegiatan besar yang dihadiri puluhan ribu pendekar pencak silat. Yakni kegiatan Suroan yanp diselenggarakan organisasi pencak silat PSHT Pusat Madiun, dan Suran Agung yang diselenggarakan oleh organisasi pencak silat PSH Tunas Muda Winongo. Kedua organisasi ini sama sama berpusat di Kota Madiun. (Sumber Diskominfo. Editor: Dibyo).

beritalima.com beritalima.com

Pos terkait