Giatkan Ronda, Warga Kemelak Siap Jaga Kamtibmas Bersama Polisi

  • Whatsapp

Ogan Komering Ulu, beritalimacom- Warga di Kelurahan Kemelak Bindung Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan, siap bekerjasama dengan pihak Polres OKU dalam rangka untuk menciptakan keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di wilayah itu, karena terbukti dengan berdirinya beberapa Pos Kamling di Kelurahan Kemelak Bindung Langit nampaknya warga sudah mulai rutin melaksanakan ronda malam secara bergiliran, hal itu dilakukan guna untuk mengantisipasi dan atau mencegah terjadinya Pencurian bahkan modus lain yang berkaitan dengan tindak kejahatan.

Pantauan beritalima.com di lapangan Senin malam (6/2/2017), sekitar pukul 10.00 WIB, di RT.05 RW.01 Kelurahan Kemelak Bindung Langit terlihat beberapa orang warga sedang berada di Pos Kamling untuk melaksanakan ronda malam.

Ketika dibincangi beritalima.com Ketua RT.05 Sudarto mengungkapkan bahwa sistem ronda diterapkan untuk jaga 6 orang dan nantinya 2 orang akan mengelilingi setiap lorong atau gang sementara 4 orangnya stand By di Pos Kamling.

“Kemudian berkaitan dengan jadwal jaga setiap warga dikenakan 15 hari sekali yang artinya, satu bulan 2 kali warga itu akan mendapatkan giliran jaga atau ronda malam,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya agar tidak jenuh jadwal ronda malam dibuat satu bulan 2 kali untuk setiap warga, dengan demikian supaya lebih semangat dan tidak bosan selanjutnya telah disiapkan Televisi (TV) untuk hiburannya.

Disinggung masalah penggunaan lonceng di Pos Kamling Ketua RT.05 menerangkan mengenai lonceng sebagai tanda untuk dipukul apabila ada bahaya kalau terjadi kebakaran, maka yang jaga akan memukul lonceng satu kali berturut-turut selama 2 menit dan kalau ada Pencurian lonceng akan dipukul 2 kali secara berturut-turut selama 2 menit.

“Beharap ronda malam ini bisa berjalan dengan baik dan tindak kejahatan bisa menurun, serta dapat mengurangi niat orang yang ingin berbuat jahat diwilayah Kelurahan Kemelak Bindung Langit khususnya di RT.05,” terangnya.

masih menurut Ketua RT.05
Pelaksanaan ronda malam sering dikontrol oleh Kasat Binmas Polres OKU dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Kemelak Bindung Langit beserta dengan Lurah. DanĀ Kasat Binmas maupun Bhabinkamtibmas selalu memberikan bimbingan dan arahan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) terhadap warga.

Sementara itu ketika dikonfirmasi beritalima.com Kasat Binmas Polres OKU AKP Widhi Andika Darma, SH.SIK mengatakan warga di Kelurahan Kemelak Bindung Langit sudah mulai aktif melaksanakan ronda malam dan mudah-mudahan bisa ditingkatkan lagi keaktifannya sehingga masyarakat pun akan tenang, dalam beristirahat di waktu malam hari.

“Kepada Ketua RT dan masyarakat silahkan jalankan mekanisme Pos Kamling, sesuai dengan apa yang sudah menjadi kebijakan dan kesepakatan bersama,” kata Kasat.

Kasat menghimbau agar dapat memanfaatkan segala fasilitas dan sarana prasarana yang ada sebaik mungkin, yang terpenting dalam bertugas harus tetap waspada.

“kemudian yang paling utama, saling mengingatkan satu sama lain serta sadar akan tujuan dan alasan mulia kenapa warga mendirikan Pos Kamling, dan melaksanakan jaga malam,” jelas Kasat Binmas Polres OKU AKP Widhi Andika Darma, kepada beritalima.com.

(Ariyan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *