GIS BEI FEBI UINSA Luncurkan Sistem Aplikasi Literasi Pasar Modal Syariah

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya (GIS BEI FEBI UINSA), yang merupakan salah satu dari 59 Galeri Investasi BEI yang ada di Jawa Timur dan bermitra dengan PT Indo Premier Sekuritas, kembali berinovasi dengan meluncurkan sistem aplikasi literasi Pasar Modal Syariah Terintegrasi berbasis teknologi yang disebut SCALLA (Sharia Capital Market Literacy Application).

Aplikasi ini diluncurkan secara daring melalui aplikasi zoom oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, S.Ag., MA., Ph.D, bersama Direktur PT Bursa Efek Indonesia, Hasan Fawzi, dan Direktur PT Indo Premier Sekuritas, Alex Widi Kristiono, Selasa (29/9/2020).

Acara ini dihadiri Kepala Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur, Dewi Sriana Rihantyasni, Dekan FEBI UINSA Surabaya, Dr. H. AH. Ali Arifin, MM., Head of Marketing Area 2 PT Indo Premier Sekuritas, Adhe Citra Widiatmoko, serta Ketua GIS BEI FEBI UINSA, Dr. Hj. Fatmah, ST. MM. RSA, yang juga sebagai inisiator aplikasi SCALLA.

SCALLA memiliki tiga fitur utama, yang meliputi literasi, uji kompetensi dan aktivasi, yakni aplikasi pembukaan rekening efek yang terhubung dengan PT Indo Premier Sekuritas selaku Anggota Bursa mitra GIS BEI FEBI UINSA. Dengan demikian para pengguna SCALLA yang telah memiliki knowledge tentang produk-produk pasar modal dan berminat untuk membuka rekening efek dapat langsung melakukan pembukaan rekening efek secara online.

Kelebihan Fitur SCALLA ini yakni aplikasi literasi Pasar Modal Syariah Terintegrasi pertama di Indonesia, terdapat informasi berupa Pasar Modal Syariah secara umum, produk, landasan hukum, informasi Yuk Nabung Saham dan kebijakan Pasar Modal Syariah di Indonesia.

Selain itu, informasi/ literasi Pasar Modal Syariah ditampilkan tidak hanya berupa deskripsi tulisan tapi juga dalam bentuk video grafis, bincang-bincang ala podcast dan tik tok yang menarik bagi milenial, terdapat fitur uji pemahaman untuk mengukur tingkat pemahaman atau literasi pengguna. 

Juga, terdapat fitur aktivasi untuk memudahkan pengguna melakukan pembukaan rekening efek syariah, terdapat fitur profil pribadi yang berisi data diri pengguna dan ketercapaian yang sudah dilakukan, dapat digunakan untuk semua kalangan, dan dapat digunakan akademisi sebagai media pembelajaran online dan tugas ujian online serta pengembangan fitur ke depannya.

Dengan terobosan berbasis teknologi ini, para investor yang beralasan tidak ada waktu, sibuk dengan berbagai kegiatan sehingga tidak dapat mengikuti Webinar ataupun Forum Group Discussion tetap dapat mempelajari pasar modal dengan mempergunakan gawai yang sudah terinstall sistem SCALLA.

Disebutkan, logo SCALLA terinspirasi dari tanaman sukulen hias. Sukulen merupakan tanaman yang mampu bertahan terhadap kekeringan, sehingga diharapkan pasar modal syariah juga dapat bertahan di berbagai kondisi ekonomi.

Dari perspektif yang berbeda, logo SCALLA didesain mirip buku yang terbuka, dengan filosofi SCALLA dapat menjadi sumber pengetahuan dan informasi pasar modal syariah. 

Kontribusi dan persembahan GIS BEI FEBI UINSA untuk Pasar Modal Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dan pertumbuhan investor, khususnya investor pasar modal syariah di Indonesia dan Jawa Timur pada khususnya. Dan peluncuran SCALLA ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi GI BEI yang lain agar terus berupaya melakukan berbagai terobosan di tengah pandemi Covid-19. (Ganefo)

Teks Foto: Rektor UINSA bersama Direktur PT BEI dan Direktur PT Indo Premier Sekuritas serta Kepala KPw BEI Jawa Timur, saat melaunching SCALLA, Selasa (29/9/2020).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait