Gubernur Khofifah: Kepala Sekolah Adalah Motor Penggerak Yang Harus Memiliki Kepemimpinan Yang Kuat dan Karakter IKI

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik 306 Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB di Lingkungan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Satuan Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Jumat (2/12/2022).

Pelantikan yang dilaksanakan di Ruang Hayam Wuruk Kantor Gubernur Jawa Timur Jl. Pahlawan No. 110 Surabaya tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 821.2/8900/204/2022 yang ditetapkan pada tanggal 1 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah menegaskan sebagai seorang pimpinan lembaga pendidikan, kepala sekolah ibarat motor penggerak. Kepala sekolah harus mampu mengkoordinasikan, menggerakkan, mengambil keputusan, dan juga memberikan teladan bagi seluruh warga sekolah yang dipimpin.

“Kepala sekolah adalah motor penggerak dan referensi dari seluruh kinerja di lingkungan unit yang Bapak Ibu Pimpin. Kepala sekolah wajib membangun kepemimpinan yang kuat,” Kata Gubernur Khofifah.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Jawa Timur ini juga berpesan pada kepala sekolah agar selalu siap dan mampu menjawab tantangan zaman. Serta harus berani berinisiatif, wajib berkolaborasi dan melakukan inovasi-inovasi untuk kemajuan pendidikan di lembaga yang dipimpin. Atau dengan kata lain harus memiliki karakter IKI, inisiatif, Kolaborasi dan inovasi.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini menuturkan bahwa kebutuhan kolaborasi saat ini harus dibangun baik secara vertikal maupun horisontal baik dengan pemerintah maupun dengan private sector. Oleh sebab itu ia menilai pentingnya membangun strong collaboration dan strong partnership.

Lebih lanjut ia mengatakan, SMK saat ini harus bisa membangun kolaborasi dengan dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja. Pasalnya, lulus SMK para siswa sebagian besar akan terjun langsung dan bersaing di dunia usaha dan dunia kerja. Bisa jadi karyawan bisa pula jadi juragan.

“Bagaimana karakter seorang siswa siap untuk menjadi karyawan siap untuk jadi juragan itu kan harus dibangunkan akses dan semangat untuk siap jadi juragan yang handal,” katanya.

Tak hanya itu, Gubernur Khofifah juga menggarisbawahi pentingnya pendidikan karakter bagi seluruh siswa. Karena dengan bangunan karakter yang kuat akan mampu membentuk siswa menjadi pribadi-pribadi yang kuat pula.

“Bagaimana para kepala sekolah bersama guru-guru semuanya bisa menyiapkan anak-anak dengan karakter yang kuat. Yaitu karakter sebagai pribadi yang berintegritas , sebagai pribadi yang memiliki nasionalisme dan karakter untuk membangun kolaborasi yang kuat,” pesannya.

Selain itu, Mantan Kepala BKKBN RI ini juga meminta para kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan orang tua untuk terus bersyukur dan menjadikan prestasi-prestasi pendidikan di Jawa Timur sebagai semangat untuk bersaing, menjadi sekolah terbaik, memiliki anak didik terbaik yang memiliki kualifikasi dan academic achievement terbaik serta berakhlak mulia.

Di akhir, Gubernur Khofifah berpesan agar kepala sekolah untuk senantiasa mendoakan para siswanya agar menjadi siswa yang sukses, bermanfaat ilmunya, siswa yang senantiasa menghormati orang tua dan gurunya. Karena menurutnya doa menjadi hal penting yang mampu mengawal dan mengantarkan anak-anak meraih sukses.

“Para Kepala sekolah dan guru wajib mendoakan para siswa-siswinya , wajib doakan di setiap proses peribadatan yang kita lakukan,” pungkasnya.

(red)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait