Guna Menjaga Konsentrasi Belajar Siswa, SMP Negeri 4 Mangoli Selatan Perlu Dilengkapi Pagar Sekolah

oleh -92 views

KEPULAUAN SULA,beritaLima.com – Menyadari pentingnya kedisplinan untuk mencapai keberhasilan di sekolah, dan meningkatkan prestasi disegala bidang  pendidkan, kedispilanan harus diterapkan disekolah. tapi  harus  didukung pula dengan fasilitas yang baik.

Misalnya di SMPN 4 Dusun II Desa Buya Kecamatan Mangoli Selatan Kabupaten Sula, (Kepsul) yang tidak memiliki pagar sekolah, hal tersebut membuat para siswa bebas keluar masuk tanpa terkontrol, bahkan hewan peliharaan masyarakat pun terlihat berkeliaran di arel sekolah, selain itu Babi hutan juga ikut berkeliaran di arel sekolah, karena tidak ada pembatas seperti pagar sekolah.


Tidak hanya itu sekolah tersebut diduga menjadi tempat muda mudi berpacaran apalagi pada malam hari atau pada malam yang panjang alias malam minggu. sebab pada hari senin terlihat banyak kotak rokok bahkan bekas botol minuman beralkohol yang berserakan di lokasi teras sekolah tersebut,  diakibatkan tidak adanya pagar  sekolah itu sehingga mengkhawatirkan keamanan gedung sekolah tersebut.
  .
Salah seorang guru yang namanya tidak mau disebutkan,  Rabu (31/07) saat di wawancarai beritaLima.com, mengatakan sulit untuk memberikan sanksi tegas pada siswa karena sekolah kita belum memiliki pagar, sehingga siswa dapat keluar masuk kapan saja tanpa terkontol karena kami pun (guru-red) sedang mengadakan kegiatan pembelajaran pada siswa lain  Pak, ujarnya.

Sedangkan kepala sekolah SMP Negeri 4 Desa Buya, Kecamatan Mangoli Selatan, Sarnawia Umamit di ruang kerjannya tentang hal itu mengatakan, dirinya bersama tenaga pendidik di sekolah itu sudah maksimal mungkin untuk mengontrol para siswa. Namun hal tersebut harus didukung dengan fasilitas lain misalnya, pagar sekolah yang sangat dibutuhkan untuk mengontrol kedisiplinan siswa/i sekolah.

“Untuk menumbuhkan sikap disiplin kita tidak bisa juga dengan ucapan saja tetapi hendaknya langsung degan perbuatan dan memberikan contoh , perlunya faktor pendukung untuk kedisiplinan siswa dari sisi eksternal yaitu fasilitas sekolah seperti  pembenahan pagar sekolah adalah hal yang terpenting untuk mendukung budaya disiplin di sekolah, kami juga pihak sekolah ingin mengajukan ke Dinas Pendidikan , agar dapat menigkatkan kedisipilinan para siswa”, pungkasnya. [DN]