Guru dan Kasek SMPN 2 Ploso Ikuti Bimtek Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Berubah

  • Whatsapp

Jombang | beritalima.com – Guru dan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ploso, Jombang mengikuti Bimbingan Teknis Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dalam rangka persiapan Kurikulum Merdeka Berubah Tahun Pelajaran 2022/2023. Bimtek disampaikan langsung oleh Julaeni, S.Pd selaku pengawas SMP Kabupaten Jombang.

Sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kurikulum merdeka diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan Kemendikbudristek terkait kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

Kemendikbudristek juga mengeluarkan kebijakan bagi sekolah yang belum siap menggunakan Kurikulum Merdeka masih dapat menggunakan Kurikulum 2013 sebagai dasar pengelolaan pembelajaran, begitu juga Kurikulum Darurat yang merupakan modifikasi dari Kurikulum 2013 masih dapat digunakan oleh satuan pendidikan tersebut. Kurikulum Merdeka sebagai opsi bagi semua satuan pendidikan yang di dalam proses pendataan merupakan satuan pendidikan yang siap melaksanakan Kurikulum Merdeka.

Seperti yang diketahui Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ploso, Abdul Rohman, S.Pd bahwa kurikulum merdeka terbagi tiga jalur yaitu jalur mandiri belajar, jalur mandiri berubah, dan jalur mandiri berbagi.

Diterangkan bahwa mandiri belajar memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan kurikulum merdeka beberapa bagian dan prinsip kurikulum merdeka tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan.

“Mandiri belajar kebijakan dari kepala sekolah sendiri dan hanya untuk kelas 7 pada awal tahun pelajaran sedangkan kelas 8 dan 9 masih menggunakan kurikulum 2103,” terangnya.

Kurikulum merdeka mandiri berubah dijelaskan Abdul Rohman, masih mengacu pada kurikulum pusat yakni kurikulum 2013. Kepala Sekolah hanya mengadopsi kurikulum dari pusat. Lalu Kurikulum merdeka mandiri berbagi memberi keleluasaan satuan pendidikan untuk mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan.

Namun yang terapkan di SMPN 2 Ploso seperti yang disampaikan Julaeni, dalam Bimtek, yaitu penerapan kurikulum mandiri berubah baik jam pelajaran maupun mata pelajaran.

Reporter : Dedy Mulyadi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait