Gus Haji Sulton Mendapat Rekor Dunia MURI Disaksikan Oleh Wakil Ketua DPR RI

  • Whatsapp

MOJOKERTO.Beritalima.com-Gus Haji Mas Suthon (Gus Thon/Gus Ton) secara resmi menerima penghargaan Rekor Dunia MURI sebagai Pemrakarsa Dan Penyelenggara Wayang Kulit Virtual Online 7 Malam, hari ini, Sabtu (19/09/2020) di kediaman yang di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur,

Kunjungan resmi Wakil Ketua DPR RI Dari Partai Golkar Azis Syamsuddin tersebut adalah dalam rangka Kunjungan Kerja dan juga menghadiri Penyerahan Rekor Dunia MURI kepada Gus Ton dilakukan oleh Sri Widayati Senior Manager MURI yang langsung datang dari pusat Jakarta.

Dalam sambutan proses penyerahan penghargaan MURI tersebut Gus Ton menyampaikan bahwa dirinya dalam melakukan segala sesuatu pada intinya bukanlah untuk meraih penghargaan. Namun memang niat tulus ingin melakukan kebaikan. Apalagi mengenai Seni Budaya Asli Indonesia, lebih-lebih mengenai wayang kulit yang asli Jawa.

“Berawal dari saat saya mengadakan Pagelaran Wayang Kulit Virtual Online 7 malam di Gunung Kawi dalam rangka

Memperingati Dirgahayu HUT NKRI ke-75 dan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram/Syuro tahun 1442 H.,” ungkap Gus Ton di depan para hadirin yang jumlahnya memang sangat dibatasi sesuai Protokol Covid-19, termasuk jumlah tokoh dan media yang hadir.

Dari pagelaran wayang kulit virtual online 7 malam yang diadakan pada tanggal 19 – 25 Agustus 2020 tersebut, kemudian dikaji berbagai pihak, termasuk mendapat apresiasi, dari Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. Apresiasi dari Wakil Ketua DPR RI tersebut, dengan berbagai alasan. Diantaranya karena sejak Indonesia Merdeka 17 Agustus tahun 1945, barulah Gus Ton, yang memrakarsai dan menyelenggarakan wayang kulit virtual online 7 malam untuk memperingati Dirgahayu HUT NKRI.

Dari kajian berbagai pihak termasuk Wakil Ketua DPR RI tersebut, kemudian memunculkan inisiatif berbagai pihak masyarakat dan media untuk mengusulkan agar Gus Ton mendapat Rekor Dunia MURI.

Setelah melalui berbagai kajian MURI (Museum Rekor Indonesia yang didirikan Jaya Suprana, red.) pun memutuskan memberi penghargaan kepada Gus Ton, Rekor Dunia Pemrakarsa Dan Penyelenggara Wayang Kulit Virtual Online Terlama, 7 Malam.

“Semoga apresiasi MURI ini juga menjadikan semakin banyak pihak yang meniru Gus Ton untuk peduli seni budaya asli Indonesia,” ungkap Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin saat memberi sambutan sebelum penghargaan Rekor Dunia MURI diserahkan kepada Gus Sulton (Kar).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait