Gus Ipul Ajak Generasi Muda Miliki Rasa Optimis

  • Whatsapp
Wagub Jatim Drs Saifullah Yusuf Hadiri Seminar Nasional Rahasia Sukses di Usia Muda Dream Team Everyone is Silent di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

SURABAYA, beritalima.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. Saifullah Yusuf mengajak kepada seluruh generasi muda untuk memiliki rasa optimis dalam menapaki masa depan mereka. Apalagi, bonus demografi yang sangat besar menjadi harapan baru dalam pembangunan bangsa Indonesia kedepan.

“Menurut data sensus penduduk tahun 2015 menunjukkan data bahwa seperempat jumlah penduduk Jawa Timur berusia muda. Dari jumlah itu, delapan juta lebih atau sebesar 22,99 persen usia antara 15 – 30 tahun. Bonus Demografi yang besar ini lah yang harus dijadikan optimism untuk bisa lebih baik dari sekarang,” kata Wakil Gubernur Jatim, Drs. Saifullah Yusuf, saat memberikan sambutan pada acara Seminar Nasional dengan Thema” Rahasia Sukses di Usia Muda” yang diadakan BEM Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Surabaya, Senin (6/11) siang.

Gus Ipul mengatakan, delapan Juta lebih penduduk Jawa Timur berusia muda ini adalah menjadi berkah bila mereka mempunyai jiwa optimis dan pantang menyerah. Tetapi sebaliknya, kondisi tersebut akan menjadi bencana jika mereka memiliki rasa pesimis dan tidak mempunyai kepercayaan akan kemampuannya.

“Sebab, yang tahu dan mengerti akan kemampuan kita itu adalah diri kita sendiri, bukan orang lain,” katanya.
Untuk itu, lanjutnya, usia muda harus mempunyai jiwa optimis, karena dengan optimis seseorang bisa meraih cita-cita dan berhasil sukses. Dengan modal optimis bisa dijadikan sebagai sumber kebaikan dan kebahagian dimasa depan.” Buktinya secara nasional sebanyak 60 % , anak-anak muda yang sudah masuk ke dunia ekonomi/ kegiatan ekonomi baik yang bekerja di perusahaan maupun yang sudah memiliki usaha sendiri,” jelas Gus Ipul.

Selanjutnya Gus Ipul menjelaskan, jiwa optimisme anak-anak muda sangat besar yakni lebih dari 60 persen dan hanya sekitar sebesar 16 persen saja yang tidak memiliki jiwa optimis atau yang pesimis. Dengan begitu, kita sebagai orang tua sudah sepatutnya terus memberikan dukungan dan apresiasi serta motivasi agar mereka anak muda terus berkarya dan belajar. Karena optimis adalah senjata yang paling ampuh untuk menjadi sukses, sedang kalau orang pesimis dan tidak percaya akan kemampuannya pasti susah untuk meraih sukses karena gagal.

“Dinamika kehidupan masa depan yang lebih baik seseorang, ditentukan dengan rasa percaya diri dan optimism. Bukan karena rasa pesimis. Untuk itu, bangunlah rasa percaya diri mulai masih muda sewaktu masih sekolah dan kuliah seperti sekarang ini. Karena masa kuliah adalah masa untuk membentuk pribadi yang kuat. Kuat pikiran dan cerdas dalam menghadapi masalah,” tegasnya.

Tips Bagaimana Cara Sukses di Usia Muda

Sebelum mengakhiri sambutannya Gus Ipul memberikan tips bagaimana cara sukses di usia muda. Menurut Wakil Gubernur dua periode ini ada enam tips yang harus diperhatikan agar bisa meraih sukses di usia muda.

Pertama, jangan pernah perhitungan dalam melakukan kebaikan. Karena kebaikan adalah sebagai investasi di masa depan, sebaba kebaikan tidak pernah rusak atau hilang walaupun orangnya sudah tiada.

Kedua, harus fokus dan belajar menyelesaikan tugas satu persatu, ketiga, menjaga reputasi sebaik mungkin jangan sampai dinodai sendiri. Serta yang ke-empat adalah terus berkreativitas dan terus melakukan inovasi yang lebih basik serta terus jalin kerjasama atau sharing.

Kelima, mulailah masuk ke dunia usaha atau corporate, “Karena disini banyak dinamikanya. Oleh karena itu, masuklah ke dunia usaha untuk meraih masa depan yang lebih baik. Dan yang keenam adalah jadilah manusia yang mempunyai komitmen, karena komitmen itu dimulai dari diri kita sendiri dulu baru ke orang lain,” terangnya. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *