Gus Ipul : Pers Merupakan Pilar Demokrasi

  • Whatsapp
Gus Ipul foto bersama usai menyerahkan bingkisan kepada anak yatim piatu pada acara peringatan Hari Pers Nasional bersama Komunitas Wartawan Gresik di Kota Gresik

GRESIK, beritalima.com – Di peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf atau yang biasa disapa Gus Ipul menegaskan bahwa selain berfungsi sebagai penyebar informasi, pers juga memiliki peran penting dalam membangun sebuah bangsa. Peran penting itu tidak lain sebagai pilar demokrasi. Melihat pentingnya peran tersebut, Gus Ipul berharap agar pers juga bertanggungjawab dalam menyebarkan informasi yang benar, cepat dan akurat.

“Oleh karena itu apabila pers mengemban tanggungjawabnya dengan baik, maka pasti sangat bermanfaat bagi umat , karena mereka memperoleh informasi dengan cepat, benar dan akurat, sehingga masyarakat tidak akan kebingungan apabila menerima sebuah informasi yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Gus Ipul saat menghadiri resepsi HPN 2018 yang diselenggarakan oleh Komunitas Wartawan Gresik (KWG) di Sekretariat KWG Gresik, Jumat (9/2) siang.

Melihat pentingnya peran pers, Gus Ipul berkeinginan agar mereka juga ikut ambil bagian dalam menyaring informasi dengan ketentuan kode etik jurnalistik yang dimiliki.
“Saat ini sering sekali beredar informasi yang begitu cepat diterima masyarakat, tetapi ternyata berita tersebut adalah Hoax atau berita palsu,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul juga menyampaikan progres report pembangunan yang sudah dicapai Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Salah satu bukti itu banyaknya penghargaan di tingkat nasional yang diraih Pemprov Jatim. Walau demikian, masih ada beberapa permasalahan yang harus dibenahi. Seperti persoalan kemiskinan, kesenjangan sosial, pengangguran, pertanian, pembuangan limbah B3, kesehatan serta persoalan pendidikan.
“Tetapi permasalahan tersebut akan dapat cepat terselesaikan apabila ada kerjasama dan kerja keras semua stakeholder termasuk peran serta para insan pers,” paparnya.

Tidak jauh berbeda dengan Gus Ipul, Wakil Bupati Gresik Dr. H. Moh. Qosim, M.Si menyampaikan, bahwa prestasi yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Gresik tidak lepas dari peran serta para insan pers yang tergabung dalam KWG. Lewat kontribusinya yang cukup besar, Moh. Qosim berharap agar peran mereka terus ditingkatkan.

“KWG telah berkontribusi dan mempunyai komitmen tinggi ikut membangun Indonesia melalui Kabupaten Gresik,” jelasnya.
Sementara itu Ketua Panitia Peringatan dan Resepsi HPN 2018, M. Masduki menyampaikan bahwa para insan pers yang tergabung dalam KWG senantiasa memberikan informasi faktual. Sehingga peran mereka dalam membangun masyarakat Kab. Gresik bisa tercapai. “Makanya Kabupaten Gresik terlihat adem, ayem, dan guyub tidak mudah terpecah-belah,” tuturnya.
Walau berlangsung sederhana, acara tersebut berjalan khidmat dan penuh kekeluargaan. Di pengunjung acara dilakukan pemotongan tumpeng oleh Gus Ipul dengan didampingi Wakil Bupati Gresik, insan pers dan tamu undangan lainnya. (rr).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *