Hadapi Ancaman Cyber, Kodam IV/Diponegoro Gelar MTT Sandi dan Cyber

  • Whatsapp

SEMARANG, beritalima.com- Menindaklanjuti pembentukan Satuan Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat (Pussansiad), Kodam IV/Diponegoro yang wilayah teroterialnya meliputi Jawa Tenjah dan Yogjakarta (Jateng-DIY), menggelar Mobile Training Team (MTT) Sandi dan Siber TNI AD Tersebar di Balai Diponegoro, Jl. Perintis Kemerdekaan, Watugong, Senin (7/12/2020), kemarin.

Kegiatan yang diikuti perwakilan dari seluruh satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan dasar dan menambah wawasan ilmu pengetahuan khususnya dibidang persandian dan Siber. Selama lima hari ke depan para peserta akan belajar mengenai keamanan siber secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan, mengembangkan, dan mengkonsolidasikan semua unsur terkait.

“Tantangan dan tuntutan tugas TNI AD di masa depan semakin berat dan kompleks, hal ini sejalan dengan perkembangan lingkungan strategis, teknologi informasi dan komunikasi, persenjataan militer, daerah penugasan serta perubahan dimensi ancaman,” ungkap Waasintel Kasdam IV/Diponegoro, Letkol Kav Herman Taryaman S.I.P., M.H. saat membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro di sesi pembukaan kegiatan.

Sebagai informasi salah satu tugas dari Pussansiad adalah membina dan menangani Persandian dan Siber di tingkat Angkatan Darat. Mulai awal tahun 2021 satuan Sandi dan Siber juga akan dibentuk di satuan setingkat Kotama. Hal ini sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dan tuntutan tugas yang semakin kompleks. Sehingga TNI AD harus melakukan penyesuaian terhadap kebijakan dan strategi sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan tegnologi, terutama bagi personel yang berkaitan dengan Intelijen, Sandi, Penerangan, Pengolahan informasi/data dan penggunaan jaringan komunikasi

“Saya tekankan kepada peserta sekalian agar tetap mematuhi protokol kesehatan pada setiap kegiatan dimanapun berada, guna mencegah penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Kabalakdam IV/Diponegoro dan Ketua Tim MTT Pussansiad Kolonel Arm Robertson Ismail beserta rombongan. MTT dari Dirbindiklat Pussaansiad. (*).

beritalima.com

Pos terkait