Hadapi Ramadhan dan Lebaran, XL Axiata Perkuat Jaringan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | XL Axiata telah memperkuat jaringan telekomunikasinya guna menghadapi Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Ini dilakukan sebagai antisipasi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan di sepanjang Ramadhan dan terlebih saat libur panjang Lebaran. Apalagi dengan adanya pelonggaran dari pemerintah seiring dengan menurunnya kasus Covid-19.

“Dengan adanya pelonggaran, dimana pemerintah akan mengizinkan mudik Lebaran, mobilitas masyarakat kemungkinan besar akan meningkat dibanding tahun lalu saat mudik masih dibatasi secara ketat,” kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Senin (28/3/2022).

“Karena itu, penguatan jaringan menjadi kebutuhan yang harus kami lakukan, baik di pemukiman maupun di area tujuan mudik. Secara umum, kami telah menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar, hingga 2x dibandingkan hari normal,” lanjut Gede.

Gede memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10% selama Ramadhan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat masuk masa libur Lebaran.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

Sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik, khususnya di Pulau Jawa, menjadi perhatian khusus. Lokasi-lokasi wisata, pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi darat, udara dan laut, serta sepanjang jalan raya baik tol maupun non-tol, baik di Pulau Jawa maupun di luar Jawa, juga tidak luput perhatian.

Guna lebih menjamin keamanan jaringan dalam melayani masyarakat sepanjang Ramadhan dan Lebaran, XL Axiata juga telah menyiagakan sumberdaya yang memadai, baik berupa tim yang akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan armada mobile BTS untuk mendukung penguatan jaringan di lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). (Gan)

Teks Foto: Teknisi XL Axiata sedang melakukan aktivitas pemeliharaan terhadap perangkat BTS di salah satu area pemukiman penduduk di Surabaya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait