Harga Bawang Merah Dari Pasar Bawang Dringu Melonjak

  • Whatsapp

PROBOLINGGO, beritalima.com – Harga bawang merah melonjak naik di Pasar bawang dringu probolinggo, bawang merah sekarang naik di kisaran Rp 27.500 per kilogram (kg), kini bawang merah di pasaran melonjak, sabtu 9/7/17
Meski harga naik, namun pembelian bumbu di Pasar bawang diringu tetap ramai. Hanya saja volume pembeliannya dikurangi warga. Hal tersebut berpengaruh yakni menyusutnya omset penjualan. Otomatis berkurang terhadap keuntungan yang diperoleh pedagang.

Untuk diketahui, bawang merah dengan harga Rp 27.500 – Rp 30.000 per kilogram tersebut merupakan bawang merah kelas 1 bawang asli probolinggo Selain teksturnya lebih padat dan kadar airnya sedikit, rasa bawang goreng dari bawang lokal ini, lebih gurih dari jenis bawang lain. Kondisi usai digoreng garing renyah dan warna khas. Sedang bawang lain warnanya kadang hitam dan teksturnya lembek. Untuk jenis bawang ini, lumayan murah.

Petani bawang merah lain asal Desa watuwungkuk, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, sigit, mengatakan bahwa saat ini harga bawang merah bagus karena produksi turun. Setiap awal tahun memang produksi bawang merah Probolinggo turun karena faktor cuaca. Seringnya hujan menyebabkan bawang busuk dan rusak di lahan. Hal tersebut mungkin yang menyebabkan harga saat ini membaik. Menurutnya, hal itu bisa jadi juga terjadi karena bawang impor sudah dibatasi.

Menurut keterangan kepala pasar bawang dringu Sutaman”harga bawang saat naik daripada sebelum nya karena masyarakat di luar probolinggo seperti solo,djogja ,nganjuk ,tegal masih membeli bawang dari probolinggo untuk di kirim ke beberapa wilayah lura pulau jawa “tutur sutaman

Kualitas bawang merah probolinggo yang di pasok dari beberapa wilayah dari kabupaten probolinggo khusus nya itu adalah bawang jenis kelas 1 sehingga para juragan bawang dari beberapa wilayah luar jawa timur masih mencari bawang di pasar bawang probolinggo “pungkasnya sutaman (Pu2t/Aj)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *