Heboh! Ditemukan Candi Diperkirakan Sebesar Borobudur

oleh -61.936 views

Malang. Bukit dikawasan lereng Gunung Arjuno, ternyata menyimpan benda purbakala berukuran besar, dan diduga berwujud candi, entah candi pendarmaan atau candi pemujaan.

Hal itu dikuatkan adanya penemuan puluhan umpak dibawah bukit, dan adanya kemungkinan struktur bangunan mirip anak tangga kearah sungai.

www.beritalima.com

Tetapi, tidak dapat dipungkiri, areal tersebut berstatus wingit atau angker, dan tidak hanya sebutan saja, warga sekitar telah membuktikannya.

Erwin dari Damar Panuluh Nusantara membenarkan penemuan benda-benda purbakala dibukit yang masuk kawasan lereng Gunung Arjuno.

Menurut pengamatan, puncak bukit tersebut tercatat 872 mdpl (meter diatas permukaan laut), sedangkan dibawah bukit berdampingan dengan jalan pedesaan, tercatat 786 mdpl.

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

Dipuncak bukit, ditemukan puluhan batu bata kuno yang kemungkinan besar berasal dari 3 masa yang berbeda. Dari 3 masa tersebut, ada 2 jenis, batu bata kuno terbuat dari andesit, dan bata merah.

Diperkirakan ukuran candi ini sangatlah besar, hal itu didasari dari jarak puncak hingga bawah bukit yang hampir mencapai 100 meter. Demikian pula kelebarannya, karena diameter bukit tersebut sangatlah besar.

Diduga, disekitar lokasi itu terdapat pintu kedalam bangunan candi, meskipun bukti otentik belum ada, namun tanda-tanda kearah itu mencapai titik terang.

Batu bata kuno berukuran besar ditemukan dimana-mana, baik dari atas bukit maupun tengah hingga bawah bukit. Batu bata kuno itu ada yang terlihat sebagian dan ada yang terlihat keseluruhan.

Yuswanto, salah satu perangkat Desa Tulungrejo, berharap adanya support dari pihak manapun yang peduli akan keberadaan benda-benda purbakala.

Lokasi keberadaan candi tidaklah jauh dari balai Desa Tulungrejo, diperkirakan sejauh 2 kilometer. Selain tidak jauh, pengunjung yang ingin mendatanginya, disuguhi pemandangan dibawah Gunung Kelud dari kejauhan yang indah.

Suasana hutan yang hijau dan udara yang segar menambah nilai tersendiri bagi pengunjung. Disamping itu, kondisi jalan yang sebagian besar sudah beraspal. (dodik) www.beritalima.com

www.beritalima.com