HIMKI Usulkan Pemerintah Terbitkan Keppres Penanaman Kayu

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) mengusulkan pemerintah menerbitkan Keppres tentang penanaman kayu perkakas di pinggir jalan hutan Hak Pengusahaan Hutan (HPH).

Ketua Presidium DPP HIMKI Abdul Sobur mengutarakan itu di sela acara Musda DPD HIMKI Jawa Timur di Surabaya, Jum’at (10/6/2022). Karena menurutnya, peluang ekspor mebel Indonesia cukup besar, terutama pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Disebutkan, total ekspor mebel Indonesia tahun lalu mencapai US$3,5 miliar. Dari angka itu kontribusi Jatim yang memiliki banyak industri mebel skala besar dengan orientasi pasar AS sekitar 40%.

Dijelaskan, realisasi ekspor mebel US$3,5 miliar tahun lalu naik 30% dibandingkan 2020. Pertumbuhan tersebut terdongkrak oleh perang dagang AS-China.

Untuk kinerja ekspor mebel tahun ini diprediksi masih tumbuh, meskipun tidak sebesar tahun lalu. “Diperkirakan ekspor mebel Indonesia tahun ini naik berkisar 16%-20%, dan masih terus berlanjut pada tahun depan hingga target ekspor mebel senilai US$5 miliar,” lanjut Sobur.

Menurutnya, perkembangan sektor industri tersebut membutuhkan ketersediaan bahan baku kayu secara berkelanjutan. Karena itu, HIMKI mengusulkan agar pemerintah menerbitkan Keppres tentang penanaman kayu perkakas di pinggir jalan hutan HPH.

Penanaman kayu perkakas antara lain jenis mahoni secara masif perlu dilakukan, menyusul terus meningkatnya kebutuhan industri mebel atas bahan baku kayu seiring pertumbuhan pasar ekspor maupun lokal.

“Kami mendukung upaya DPP HIMKI memperjuangkan terwujudnya program penanaman kayu besar-besaran di pinggir jalan hutan HPH atau yang dulu dikenal Tanam Jalur Indonesia,” ujar Sobur.

“Kami juga siap bersinergi dengan pemerintah guna menjaga keberlanjutan industri mebel. Beroperasinya industri ini berdampak positif bagi penyerapan tenaga kerja serta meraup devisa,” imbuhnya.

Dalam Musda DPD HIMKI Jatim yang dihadiri 169 pelaku industri mebel dari berbagai kabupaten/kota di Jatim ini Budianto Budi akhirnya terpilih sebagai Ketua DPD HIMKI Jatim periode 2022-2025. Budianto Budi adalah Direktur PT Multi Manao Indonesia. (Gan)

Teks Foto: Musda HIMKI Jatim di Surabaya, yang akhirnya memilih Budianto Budi sebagai Ketua DPD HIMKI Jatim periode 2022-2025.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait