HPL Apresiasi Sang Ratu Talas Jadi Komiditas Ekspor

  • Whatsapp

Caption:
Hari Putri Lestari SH MH bersama Sang Ratu Talas Siti Khoiriyah di pabrik produksi talas.

LUMAJANG, beritalima.com|
Wanita cantik yang energik ini memiliki kegemaran klutusan di wilayah Dapilnya, Lumajang dan Jember. Kegiatan bersilaturahmi dengan para konstituen sering dilakukan Hari Putri Lestari SH MH ini saat di kantor Indrapura, Surabaya tidak ada kegiatan dan tugas kunjungan kerja.

Anggota DPRD provinsi Jatim ini lebih akrab disapa HPL, mengaku
diajak “Sang Ratu Talas” Bu Siti Khoiriyah ke pabrik produksi daun talas yang menjadi bahan baku rokok, sebagai bahan alternatif selain tembakau. Jadi bagi para perokok yang ingin mencoba “Kadar NOL Nikotin” maka talas sebagai pilihan agar tetap bisa merokok.

“Saya mendapat ilmu dan pengalaman baru yang sangat
berharga dan menyenangkan dari Sang Ratu Talas Ibu Siti Khoiriyah.
Ibu Siti ini menceritakan mulai dari informasi masa tanam talas jenis Bening (Besar & Kuning), masa panen, manfaat jenis talas bening dapat dibuat sebagai tepung yang bisa digunakan untuk berbagai macam kue, bahan baku kosmetik, minuman herbal, dan yang mengejutkan adalah bisa untuk bahan baku rokok. Di dalam pabrik ini saya melihat proses pembuatan bahan baku rokok dari talas bening,” terang wakil ketua DPD PDI-P Jatim ini.

HPL mengungkapkan bahwa informasi Sang Ratu Talas terkait bahan rokok dari talas yang diproduksi tersebut ternyata untuk di export, salah satunya ke Negara Australia.

“Saya solut dan bangga pada salah satu sahabat saya ini, beliau adalah perempuan cerdas dan tangguh dari Kecamatan Senduro. Beliau selalu optimis, penuh semangat dalam memperjuangkan nasib para petani talas dengan memanfaatkan hutan sosial sebagai pendorong ekonomi kerakyatan. Jatuh bangun telah dijalani terutama saat pandemi covid 19. Meskipun membutuhkan perjuangan yang tidak mudah, namun beliau tetap semangat dan berhasil bangkit. Beliau telah mendapat penghargaan sebagai Kartini di bidang Pertanian tingkat Nasional. Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya untuk sahabat saya Sang Ratu Talas,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait