HPL Berikan Apresiasi RS Lapangan Dungus Yang Miliki Lingkungan Alam Asri

  • Whatsapp

MADIUN, Beritalima.com |
Hari Putri Lestari SH, MH atau yang biasa dipanggil HPL ini adalah anggota DPRD provinsi Jatim. Wanita cantik Anggota komisi E ini menuturkan, pihaknya melakukan Peninjauan lapangan (monitoring) terkait fasilitas dan pelayanan Kesehatan, pencegahan & penanganan bagi pasien covid 19 di Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus kabupaten Madiun. Rumah sakit ini milik pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus, Madiun, khusus untuk rujukan pasien Covid-19. Rumah sakit yang berada di area RS Paru Dungus, Madiun ini dulunya merupakan bekas sanatorium atau tempat rehabilitasi bagi pasien Tuberkulosis (TBC) yang kemudian direhab dan direnovasi,” terang HPL.

HPL mengatakan bahwa di rumah sakit lapangan ini memiliki fasilitas yang terdiri dari lima bangunan rumah joglo, tiga bangunan rumah tipe limasan, dan delapan ruang bangunan. Sedangkan total kapasitas tempat tidur yang disediakan di rumah sakit darurat ini ada 150 unit.

“Di RS ini juga sudah tersedia dokter spesialis sebanyak sepuluh orang. Sedangkan untuk perawat ada 40 orang. Jadi total tenaga medis dan kesehatan di rumah sakit lapangan ini ada 132 orang,” sambung HPL.

“Rumah sakit darurat ini memang dikhususkan untuk pasien positif Covid-19 tanpa gejala dan dengan gejala yang ringan. Sedangkan untuk pasien positif yang memiliki gejala sedang hingga berat akan dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD dr. Soedono,” lanjut politisi PDIP ini.

HPL mengungkapkan bahwa pembangunan RS Lapangan Joglo Dungus ini dibangun karena ada kecenderungan kasus positif di wilayah Madiun Raya meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

“Berbeda dengan dua rumah sakit lapangan Covid-19, yang dimiliki Pemprov Jatim yang sebelumnya telah lebih dulu beroperasi, yakni di Indrapura Surabaya dan Ijen Boulevard Kota Malang, rumah sakit lapangan di Dungus ini memiliki bangunan dan lingkungan alam yang sangat asri. Suasana keindahan di Dungus ini menjadi bagian penting untuk pasien Covid-19 karena mereka butuh suasana psikologis yang membuat bahagia dan tenang,” pungkasnya.(yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait