HPL Prihatin AKI Meningkat Drastis Saat Pandemi Covid-19

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com|
Wakil ketua DPD PDIP Jatim Hari Putri Lestari SH MH atau yang biasa dipanggil HPL ini mengatakan bahwa angka kematian ibu (AKI) meningkat drastis saat pandemi Covid-19. Oleh karena itu anggota DPRD provinsi Jatim ini meminta pemerintah memberikan perhatian khusus agar tingkat kematian tersebut bisa ditekan.

“Angka Kematian Ibu ( AKI) hamil di Jatim pada tahun 2018 jumlahnya mencapai 520 orang, sementara itu di tahun 2019 jumlahnya masih 520 orang, di tahun 2020 jumlahnya menjadi 565 orang, ini yang tercatat, dan disaat pandemi covid mulai Januari sampai dengan Juli 2021 meningkat dratis. Dari Jumlah 326 orang, pada bulan Juli (varian Delta) meningkat tinggi dengan peningkatan mencapai 311 orang, jadi total AKI pada bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2021 jumlahnya mencapai 640 orang,” terang anggota komisi E ini.

“Jika kita tidak berupaya melakukan pencegahan, maka angka Angka Kematian Ibu Hamil sampai dengan Desember 2021 bisa lebih meningkat lagi,” sambung HPL.

HPL mengungkapkan bahwa kematian Ibu hamil merupakan salah satu indikator pelayanan kesehatan suatu negara, jadi sangat penting meningkatkan perlindungan Ibu Hamil dari Covid-19 dengan cara memberi pelayanan khusus, skrining & vaksinasi.

“Salah satu keberhasilan masa depan bangsa adalah kualitas kesehatan Ibu hamil dan menurunkan angka kematian Ibu dan Bayi,” pungkasnya.(Yul)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait