HUT POLAIRUD ke-67, DITPOLAIRUD Polda Jatim Pungut Sampah Pantai Panarukan

  • Whatsapp

SITUBONDO, Beritaluma.com – Puluhan personil polisi (Ditpolairud Polda Jatim Polair Polres Situbondo, Polsek Panarukan) bersama ratusan warga pesisir Desa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo membersihkan sampah disepanjang pesisir pantai Jumat (20/10).

Kegiatan gotong royong yang mengambil moto dari Polairud Polda Jatim “Don’t wory ada kami perairan nusantara bebas sampah plastik” merupakan rangkaian kegiatan HUT POLAIRUD ke-67 yang dipimpin langsung oleh Kasat Rolda Ditpolairud Polda Jatim AKBP Heru prasetyo,SIK,M.Hum mewakili Dirpolairud Polda Jawa Timur, Kombes Andreas Kusmayadi.

“Pemilihan tempat di Desa Kilensari merupakan rangkaian dari kunjungan kami pada Agustus kemarin, yang mana Situbondo pernah disebut oleh Ibu Susi menteri kelautan dan perikanan perihal sampah plastiknya, salah satu program Dirpolairud Polda Jatim kami yaitu “Dont Worry Don’t wory ada kami perairan nusantara bebas sampah plastik”, dengan membangun 2 titik tempat sampah di pesisir Kilensari,”Ucap Kasat Rolda Ditpolairud AKBP Heru.

Heru juga menjelaskan Indonesia merupakan peringkat ke 2 setelah Cina akan sampah plastik dilaut, usai kunjungannya agustus kemarin kesejumlah wilayah di Jatim termasuk Situbondo, Ditpolairud Polda Jatim langsung melakukan pemetaan, identifikasi masalah melalui masyarakat setempat, sedangkan desa Kilensari sendiri terdapat sekitar 500 meter titik pembuangan sampah yang menjadi perhatian khusus.

“Untuk wilayah Jatim ada 3 wilayah sementara ini, September kemarin di Lumajang, Oktober ini di jember lanjut ke Situbondo, Harapan kami dengan adanya bakti Sosial bersih sampah, masyarakat akan semakin sadar akan kebersihan laut kita, kami juga membangun Tempat sampah permanen, agar masyarakat tidak langsung membuang sampah, ke laut, seperti sekarang ini,” Tukas Heru.

Heru juga berharap Dengan keindahan pemandangan pantai yang sangat bagus, pantai Kilensari kelak bisa menjadi jujukan wisata,”Saya yakin jika disini bersih, banyak wisatawan lokal dan internasional tertarik datang kesini, karena pemandangan pantainya sangat indah,”Imbuhnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kholil SP, MP yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, Laut indonesia sudah berkategori darurat sampah plastik, butuh penanganan yang serius dan continue, harus ada kerjasama pemerintah dan masyarakat, karena sampah plastik timbul bukan hanya dari warga pesisir tapi juga datang dari masyarakat hulu.

“Dinas lingkungan Hidup akan bekerja keras menanggulangi juga sampah dari hulu, saat ini masih keterbatasan armada angkut, karena kami hanya memilki 8 unit truk pengangkut sampah yang hanya mampu mengangkut 40 ton sehari, padahal Situbondo dari data kami sampah di Situbondo 70 ton/hari.

“kami berterimakasih dengan kegiatan dari Polairud Polda Jatim, karena dengan kegiatan ini sudah membantu memberikan arahan tentang sampah dengan aksi nyata yang bisa langsung diterima manfaatnya oleh masyarakat,” Ungkap Kholil.

Sebelum diadakan bakti Sosial bersih – bersih pantai, kegiatan tersebut didahului dengan penyerahan 2 bak sampah permanen oleh Kasat Rolda Ditpolairud Polda Jatim AKBP Heru prasetyo,SIK,M.Hum kepada masyarakat pesisir yang dibangun oleh Ditpolairud Polda Jatim dan penandatangan prasasti yang juga ditanda yangani oleh Kasat Polair Polres Situbondo AKP Lukman dan Kades Kilensari Wawan Riskafanda.(Joe)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *