IAIN Langsa Sosialisasi PMB Kepada Kepala dan Operator Sekolah

oleh -115 views

LANGSA-ACEH, Beritalima.com| Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa sosialisasikan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun 2020 kepada para Kepala Sekolah dan Operatorn untuk memberikan informasi pendidikan, yang berlangsung di aula barat kampus setempat, Kamis (23/01).

“Sosialisasi bertujuan untuk memberikan sejumlah informasi mengenai pola penerimaan mahasiswa baru yang ada di kampus”, ujar Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA.

Kehadiran para Kepala Sekolah dan Operator Sekolah tingkat menengah atas ini, bertujuan agar para pengelola pendidikan dapat melihat secara langsung perkembangan dan kemajuan IAIN Langsa dari tahun ke tahun.


“Kami merasa bangga pada hari ini, karena bapak ibu dapat bersilaturahmi dalam rangka memberikan sejumlah informasi kepada peserta didik untuk melanjutkan kuliah di IAIN Langsa, juga dapat melihat langsung perkembangan dan peningkatan IAIN Langsa dari tahun ke tahun.,” pungkas Rektor.

Hal ini, selaras dengan salah satu visi Presiden Joko Widodo yaitu menjadikan Indonesia maju melalui Pembangunan Sumber Daya Manusia, tugas ini tentu menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan baik mulai tingkat dasar sampai perguruan tingi.

“Atas dasar itu, hari ini kami mengajak bapak ibu untuk sama-sama kita memikirkan Indonesia maju lewat pendidikan, lewat acara ini kita bisa mendapatkan informasi pendidikan yang akan diberikan kepada para siswa untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia di kampus,” ujarnya.

Rektor juga menegaskan bahwa, sebagai pendidik harus dapat menanamkan cinta ilmu pengetahuan dan keislaman kepada para siswa, serta meyakinkan siswa melalui ilmu maka Allah akan mengangkat derajat umat manusia.

“Mari kita tanamkan kepada siswa bahwa orang yang berilmu mendapatkan derajat yang tinggi, tidak hanya menjadi PNS semata, PNS hanya salah satu dari sekian banyak untuk mengangkat derajat umat manusia,” imbaunya.

Dengan demikian para generasi bangsa akan memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan SDM guna mewujudkan kesejahteraan dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. H. Muhammad Suhaili Sufyan, MA menjelaskan, tahun 2020 IAIN Langsa membuka jalur penerimaan mahasiswa baru lewat tiga jalur.

Yang pertama jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), kedua jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan yang ketiga jalur Mandiri.

“Jalur SPAN-PTKIN dibuka sejak tanggal 3-28 Februasi 2020, proses seleksi 3-20 Maret 2020 dan pengumuman tanggal 10 April 2020,”terang Suhaili seraya menambahkan jalur SPAN-PTKIN tidak dipungut biaya pendaftaran dan dilakukan perangkingan nilai akademik sekolah secara nasional.

Sambung Suhaili, jalur UM-PTKIN dibuka mulai tanggal 15 April-29 Mei 2020, finalisasi pendaftaran 15 April – 1 Juni 2020, ujian tanggal 15 – 24 Juni 2020 dan pengumuman 3 Juli 2020.

Terakhir jalu Mandiri, seleksi melalui jalur ini untuk mengakomodir bagi calon mahasiswa yang tidak tertampung dalam jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN. Pendaftaran dimulai 22 Juni – 17 Juli 2020, finalisasi pendaftaran 22 Juni – 18 Juli 2020, ujian 22 – 23 Juni 2020 dan pengumuman 29 Juli 2020.

“Semua jalur pendaftaran melalui online, untuk informasi lebih lanjut dapat diakses pada website kampus, www.iainlangsa.ac.id,” tukas Suhaili sambil menyebutkan saat ini IAIN Langsa terakreditas B dan telah memilki 35 dosen kualifikasi s3 dari lulusan dalam dan luar negeri. (Dhani Atjeh).

Teks Foto : Rektor IAIN Langsa Dr. H. Basri, MA saat Sosialisasi PMB IAIN Langsa SPAN- PTKIN 2020, Rabu (23/01).