Ini Pesan Bupati Salwa Saat Menghadiri Peringatan HKG-PKK ke 50

  • Whatsapp
Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat berikan sambutan diacara peringatan HKG PKK. (Rois/beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Bupati Salwa Arifin berharap kepada Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bondowoso agar gerakannya kembali pada ruhnya, yakni sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga.

Hal yang demikian disampaikan Bupati Salwa Arifin pada acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) ke – 50 tahun 2022 di Pendopo Bupati setempat, Selasa (29/6).

“Keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang juga harus kita berdayakan, karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat,” kata Bupati Salwa.

Dalam memperingati HKG-PKK yang mengusung tema ‘Lima Puluh Tahun Gerakan PKK : Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama’ itu di hadiri Pengurus TP PKK Kabupaten dan Kecamatan, seluruh Camat se Bondowoso.

Menurut Bupati Salwa, apabila para keluarga di Indonesia utamanya di Bondowoso ini dapat diberdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya. “Maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” urainya.

Dijelaskannya, sepanjang 50 tahun perjalanan gerakan PKK, banyak hal yang telah dilakukan. Dari dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini dan telah bisa menjadi bahan pembelajaran untuk lebih baik ke depan.

Orang nomor satu di Bondowoso itu menegaskan, bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan pendekatan cipta rasa dan karsa yakni dengan hati dan niat yang tulus.

“Dengan hati dan niat yang tulus. Oleh karena itu, gerakan pkk pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama”terangnya.

Selain itu, Bupati Salwa berharap untuk memompa semangat pembaharuan dengan mengembangkan daya kreasi dan kreativitas dalam pemberdayaan keluarga Indonesia khususnya masyarakat Bondowoso.

“Haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya gerakan pkk,” katanya.

Diterangkannya, dengan semangat yang menggelora itu harus dimiliki, karena tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah haruslah mampu menyelaraskan dengan kebijakan program pemerintah.

“Pola pendekatan penggerakan peran serta masyarakat yang menjadi ciri khas tim Penggerak PKK dalam berbagai aspek pembangunan, merupakan modal sosial yang sungguh besar artinya,”tandasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait