Ini Rangkaian Yang Dijalani Termasuk Walikota Madiun, Saat Akan Divaksin Kedua

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Setelah memperoleh suntikan dosis pertama vaksin Covid-19, pada 27 Januari 2021 lalu, Walikota Madiun, Jawa Timur, H. Maidi, menerima suntikan dosis kedua di halaman tengah balaikota, Kamis, 11 Februari 2021.

Pelaksanaan vaksinasi kedua ini merupakan kelanjutan dari pemberian vaksinasi pertama dengan jarak pemberiannya adalah 14 hari setelah pemberian vaksinasi yang pertama. Pemberian vaksinasi dosis pertama untuk mengenalkan vaksin dan kandungan yang ada didalamnya kepada sistem kekebalan tubuh dan memicu respon kekebalan awal.

Dosis kedua, untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk sebelumnya. Sedangkan Antibody baru akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua dilakukan.

Prosedur pemberian vaksin, para penerima vaksin terlebih dahulu dilakukan verifikasi data di meja pertama, pada tahap berikutnya dilakukan skrining kesehatan, termasuk identifikasi penyakit penyerta.

Skrining dimaksudkan untuk melihat kondisi kesehatan calon penerima vaksin, dan melihat apakah penerima vaksin sudah memenuhi persyaratan pemberian vaksin. Jika calon penerima vaksin dinyatakan sehat maka vaksinasi dapat diberikan.

Tahap selanjutnya di meja yang ketiga petugas akan memberikan vaksinasi secara intra muskular pada lengan kiri sesuai prinsip penyuntikan aman. Pada tahap berikutnya di meja ke empat petugas akan mencatat hasil pelayanan vaksinasi, memasukkan nama vaksin dan nomor batch vaksin yang sudah diberikan kepada sasaran pada aplikasi PCare.

Prosedur terakhir dilakukan observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Setelah itu, petugas akan memberikan penyuluhan tentang 3M dan vaksinasi Covid-19 serta pemberian kartu vaksinasi elektronik kepada peserta.

Penerima vaksin dosis kedua di Kota Madiun sebanyak 20 orang. Yakni Walikota H. Maidi, Wakil Walikota, Kapolres, Dandim, Kajari, Wakil Ketua II DPRD Kota Madiun, Direktur BPJS, Kadinkes PP dan KB, Ketua Forum Madiun Kota Sehat, Tokoh Agama (perwakilan 3 orang), serta Organisasi profesi yang terdiri dari IDI, PDGI, IAI, IBI, PPNI, Patelki.

“Setelah divaksin, percaya diri. Ini tentunya akan membawa kita lebih sehat. Tapi kita semua harus tetap disiplin pada prokes. InyaAllah semua sehat. Semua yang sudah mendapatkan jatah vaksin, secepatnya melakukan vaksinasi kedua. Segera ke layanan kesehatan yang telah ditunjuk,” tutur Walikota Madiun, H. Maidi. (Sumber Diskominfo. Editor: Dibyo).

H. Maidi (atas).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait