ISEF 2018 Buktikan Produk UMKM Jatim Tidak Kalah

  • Whatsapp
Buyer luar negeri saat mengamati produk UMKM Jatim di ISEF 2018.

SURABAYA, beritalima.com – Bank Indonesia terus menjaga komitmennya untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, salah satunya dengan mendorong industri halal tanah air.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia sampai saat ini masih menjadi pasar bagi produk halal dari negara lain, belum menjadi produsen/player.

Karena itu, pada gelaran The 5th Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2018 di Grand City Convention and Exhibition Surabaya, di hari kedua, Rabu (12/12/2018), diadakan kegiatan business matching yang mempertemukan UMKM di Jawa Timur dengan buyer dari Malaysia, Turkmenistan dan Kadin Sumatra Utara.

“Total terdapat lebih dari dari 250 produk yang mengikuti business matching kali ini. Produknya adalah produk yang telah kami pastikan untuk siap ekspor, baik secara kualitas maupun kuantitas,” tutur Difi A. Johansyah, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur.

Business Matching yang berlangsung selama 1 jam ini berhasil melahirkan kesepakatan kerjasama senilai Rp 3 milyar antara IKM Jawa Timur dengan Yusma Family Trading Malaysia. “Ini bukti bahwa barang UMKM Jawa Timur tidak kalah dengan daerah lain,” lanjut Difi.

“Permasalahannya, hanya bagaimana mencari pasar yang sesuai,” tambahnya.

Menurutnya, dari sisi kualitas, jaminan terhadap produk halal untuk pasar ekspor mutlak diperlukan.

Karena itu, sebagai bentuk dukungan, BI bekerjasama dengan LPPOM MUI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, menginisiasi program sertifikasi halal yang diberikan pada 100 UMKM yang tersebar di seluruh Jawa Timur.

“Saat ini masyarakat mulai semakin memiliki kesadaran terhadap aspek halal suatu produk. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di luar negeri. Oleh karena itu, halal value chain menjadi aspek yang penting dalam peningkatan kualitas produk ekspor Indonesia,” pungkas Difi. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *