Isteri Sastrawan AA Navis Tutup Usia

  • Whatsapp
Foto: Istimewa AA Navis dan Aksaru Yasin

Padang, beritalima.com| Hj. Aksari Yasin, isteri dari salah satu sastrawan besar nasional, Alm. Ali Akbar Navis, tutup usia dini hari Rabu, 14 Februari di Rumah Sakit Yos Sudarso, Padang, Sumatera Barat.

Aksari kelahiran Padang (1930), wafat di usia 93 tahun. Pasangan AA Navis-Aksari Yasin dikarunia delapan anak, 17 cucu dan 13 cicit. Ia bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dan sempat menjabat sebagai Kepala Tata Usaha BKKBN Sumbar.

Suami Aksari, AA Navis yang wafat 2004 di Jakarta, dikenal luas secara nasional maupun keluar negeri karena karya tulisnya. AA Navis adalah sastrawan besar, sekaligus budayawan yang telah menulis puluhan buku.

Baru-baru ini (2023), lembaga internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa bidang Pendidikan dan kebudayaan, UNESCO, telah menganugerahi hari kelahiran AA Navis sebagai perayaan internasional. Dua hari dari Indonesia yang memperoleh penghargaan ini, yaitu AA Navis dan Keumalahayati asal Aceh.

“Almarhumah adalah kritikus sastra bagi AA Navis. AA Navis mengatakan, selesai cerpen dibuat, diminta sang istri membaca. Jika wajah sang istri berubah, apakah itu tertawa, cemberut, kening berkerut, pertanda cerpen itu bagus dan layak dikirim ke media mainstream,” kenang Dedi Andhika, salah satu putranya.

Prasetia Budi, salah satu menantunya, juga menyebut Ibu mertunya sosok yang disiplin dan memiliki perhatian tinggi dengan orang yang sedang mengalami kesulitan. “Kepeduliannya tinggi. Itu sebabnya ia pernah menjabat sebagai Kepala BKKBN,” ucap Budi.

Jurnalis: Abriyanto

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait