Jacob Komigi Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SUPM

  • Whatsapp

SORONG, Berita lima.com – Guna menanamkan dan menumbuhkan rasa patriotisme dan cinta tanah air bagi seluruh anak bangsa di seluruh Indonesia maka Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Papua Barat, Jacob Esau Komigi, SH, MM menggelar Sosialisasi 4 pilar kebangsaan di Sekolah Usaha Perikanan (SUPM) Negeri Sorong yang berlangsung di aula pertemuan dan diikuti oleh kurang lebih 100 para taruna dan taruni serta staf pengajar pada sekolah perikanan tersebut.

Ketika ditemui media ini seusai kegiatan, Yopi sapaan akrab dari Anggota DPD-RI Perwakilan Provinsi Papua Barat mengatakan, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini sudah berulang kami dilakukan guna menanamkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air agi seluruh warga negara Indonesia dan kali ini digelar dikalangan anak muda didalam lingkungan pendidikan.

“Tahun yang lalu saya sudah melakukan kegiatan yang sama dengan memfokuskan kepada etnis dan agama dan tahun 2017 ini saya juga melakukan tetapi lebih menitikberatkan kepada generasi muda terutama didalam bangku pendidikan dan saya mulai dari Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Sorong,” jelas Yopi.

Dikatakan Yopi, alasan memilih sekolah sebagai target dalam sosialisasi 4 pilar kebangsaan karena siswa-siswi yang ada di sekolah adalah pemuda harapan bangsa yang perlu dibekali dengan 4 pilar kebangsaan sehingga mereka memiliki pemahaman berpikir yang positif terkait dengan tujuan bangsa dan negara sehingga dapat menimbulakn rasa nasionalisme dan cinta tanah air dalam satu bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu juga, anak-anak muda yang ada di bangku pendidikan ini juga mereka berada didalam komunitas keluarga dan mereka berada dan tinggal didalam asrama yang terdiri dari berbagai suku, etnis budaya dan agama di dalam dunia pendidikan sehingga dalam pemberian materi 4 pilar ini dapat tumbuh rasa kebersamaan dari berbagai etnis dan suku tetentu yang hidup bersama dan bergabung dengan saling menghargai satu dengan yang lain sehingga tercipta satu kebhinekaan yang sempurna dalam kehidupan sesehari di asrama dimana mereka tinggal selama mengeyam pendidikan di SUPM Negeri Sorong.

Ditambahkan Yopi, jika kelak mereka menjadi pemimpin daerah atau pemimpin bangsa ini kita sudah tidak ragukan lagi terkait dengan pemahaman mereka tentang Kebhinekaan di bangssa ini dan tidak akan menjadi kelemahan tetapi keberagaman ini kemudian akan menjadi satu kekuatan dalam membangun bangsa ini dikemudian hari sehingga dapat menjadi bangsa yang kuat dan disegani oleh bangsa lain di dunia.

“saya sangat mengapresiasi antusiasnya para siswa dalam mengikuti sosialisasi 4 pilar kebangsaan. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya pertanyaan yang muncul yang saya tidak duga sebelumnya, berarti ini sudah menunjukan bahwa para siswa mengikuti betul penjelasan saya terkait dengan 4 pilar kebangsaan yang paparkan mereka,” terang Yopi Komigi. (Carles)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *