Jadikan Masyarakat Toleran, KUA Ajung Dirikan Kampung Moderasi Beragama

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Untuk menjadikan masyarakat yang toleran, Kantor Urusan Agama (KUA) Ajung mendirikan Kampung Moderasi Beragama.

Kali ini, diawali di Dusun Mangaran, Desa Sukamakmur, Ajung, Senin (11/10/2021). Dengan tujuan utama, menjadikan masyarakat religius dan memiliki nilai kebangsaan.

Bacaan Lainnya

“Keberadaan Kampung Moderasi Beragama, juga menjadikan masyarakat yang toleran, anti kekerasan,” kata Kepala KUA Ajung, HM. Choirul Anwar.

Menurutnya, Kampung Moderasi Beragama ini, juga tidak hanya menjunjung tinggi Alquran dan Hadist, tetapi juga menerima Pancasila, Falsalaf negara dan sebagainya.

“Yang paling penting, masyarakat saling menghormati, menghargai kearifan lokal atau budaya keagamaan di masyarakat, serta tidak saling menyalahkan golongan lain,” ungkapnya.

Berawal dari lokasi tersebut, Choirul menambahkan, nanti akan diteruskan ke dusun atau desa lain Se-Kecamatan Ajung. “Tugas kita nanti akan dikembangkan dan sosialisasi ke desa lain,” ujarnya.

Sementara, Kepala Kantor Kemenag Jember, H. Muhammad menambahkan, adanya Kampung Moderasi Beragama akan memasifkan segala sudut pandang di masyarakat.

Muhammad menyebut, Kampung Moderasi Agama bermacam-macam, tergantung kapasitas daerahnya.

“Ada kampung amalah, maslahah, kampung zakat, tergantung pemetaan dari penyuluh kita, yang melatar belakangi,” sebutnya.

Dia juga meminta, agar ini tidak hanya sekedar melaunching, tetapi ada tindak lanjut, seperti memberikan penyuluhan, pemahaman, pendampingan, pemberdayaan dan sebagainya.

“Jadi tidak hanya berkutat pada pemahaman saja, tapi bagaimana perkembangan ekonomi keummatan,” harapnya.

Untuk memasifkan semua itu, pihaknya mengharap kerjasama semua pihak, baik Muspika, pemerintah desa, tokoh agama dan masyarakat. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait