Jaksa Tanjung Perak Bersih-Bersih Pantai Kenjeran, Peduli Pencemaran Lingkunga Akibat Sampah

  • Whatsapp

SURABAYA – beritalima.com, Pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah masih menjadi permasalahan serius. Hingga saat ini, sampah, khusnya plastik masih menjadi suatu hal yang melekat dan tidak terlepaskan di bibir pantai Taman Suroboyo, Kenjeran.

Peduli dengan hal tersebut, puluhan Jaksa dan Pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak pun dikerahkan untuk membersihkannya.

Aksi nyata terhadap lingkungan itu dilakukan Kejari) Tanjung Perak dalam rangkaian menyambut Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 62 tanggal 22 Juli dan HUT Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) ke 22 yang jatuh pada 21 Juli 2022.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan khususnya disalah satu objek wisata yang menurut saya sangat bagus dan cantik,” kata Kajari Tanjung Perak, I Ketut Kasna Dedi SH, MH dibibir pantai kawasan Taman Suroboyo, Kecamatan Bulak Surabaya, Jum’at (15/7/2022).

Menurut Kasna, sampah-sampah itu menumpuk ke daratan dikarenakan air laut pasang.

“Itu yang membuat kami ikut prihatin dan peduli untuk melakukan bersih-bersih pada hari ini. Untuk kegiatan bersih-bersih ini kami melibatkan 100 orang,” paparnya kepada wartawan.

Kasna berharap, apabila pantai sudah bersih, banyak masyarakat yang akan datang berwisata ditempat tersebut, sehingga berdampak positif pada peningkatan perekonomian bagi masyarakat sekitaran pantai Taman Suroboyo, Kenjeran.

“Kalau pantainya bersih masyarakat lebih tertarik berkunjung kesini sehingga dampaknya perekonomian disisi akan tumbuh dengan sendirinya,” harap Kasna.

Selain bersih-bersih pantai, Kejari Tanjung Perak juga menggelar bhakti sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan di Jalan Tambak Asri dan Yayasan Panti Asuhan Anak Yatim Piatu Tanwir di Jalan Rowo, Asemrowo. Di dua panti asuhan tersebut, Korps Adhyaksa yang berkantor di Jalan Kemayoran Baru memberikan paket sembako.

Bukan hanya itu, kegiatan bhakti sosial juga dilakukan dengan mengunjungi rumah pegawai Kejari Tanjung Perak yang telah pensiun dan pernah bertugas. Dua rumah purna jaksa yang dikunjungi adalah rumah Halimah dan Soemarto.

“Untuk kegiatan puncak HBA akan dilaksanakan di Kejati Jatim,” tandas Kajari Kasna.

Untuk diketahui, bersih-bersih pantai sepanjang 1,2 kilometer di Taman Suroboyo, Kenjeran tersebut dimulai sejak pukul 07.00 WIB dan berakhir pada pukul 09.30 WIB. Kegiatan tersebut melibatkan ratusan orang yang terdiri jaksa fungsional maupun struktural, staf dan pegawai serta anggota IAD Daerah Tanjung Perak.

Aksi bersih bersih pantai tersebut berhasil mengangkat berton-ton sampah dari bibir pantai. Sampah itupun diangkut dengan menggunakan dua truk untuk selanjutnya dibawa menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo. (Han)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait